Memasuki Pebruari Persediaan Gas Elpiji 3 Kg Cukup

060215-ekbis

KEBUMEN, (tubasmedia.com) – Ketersediaan LPG 3 kg di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah tercukupi dalam memasuki bulan kedua tahun 2015. Pantauan Dinas Perindagsar persediaan LPG 3kg di tingkat pangkalan dan pengecer di sejumlah kecamatan masih tercukupi .

Kasi Perlindungan Konsumen Dinas Perindagsar Kabupaten Kebumen Agung Patuh mengatakan berdasarkan pantauan pada bulan Januari terlihat adanya stock LPG 3 kg yang relatif berlebih. Persediaan LPG 3 kg pada bulan Januari sebanyak 740.252 tabung/ bulan atau sekitar 27.417 tabung per hari.

” Penggecer yang biasanya kehabisan stock, bahkan mampu menghabiskan sekitar 10 tabung dalam sehari, saat ini baru habis setelah beberapa hari ” ungkapnya.

Dengan harga berkisar Rp 17 ribu – Rp 18 ribu per tabung di tingkat konsumen, LPG 3 kg memang lebih terjangkau masyarakat. Sementara untuk LPG 12 kg, meski terjadi penurunan harga dari Rp 145.000/ tabung menjadi Rp 138.000/ tabung masih terasa mahal.

Agung manghimbau masyarakat yang bukan rumah tangga sasaran gas LPG 3 kg, untuk tidak beralih ke gas tabung “melon kuning” tersebut. Sebab, LPG 3 kg merupakan LPG bersubsidi yang peruntukannya hanya untuk rumah tangga miskin dan pelaku usaha ekonomi mikro.

Piihaknya juga menyadari saat ini pemerataan pendistribusian LPG 3 kg memang masih kurang dalam jumlah alokasi maupun sebaran pangkalannya. Kondisi tersebut, berakibat pada tumpang tindihnya pendistribusian. “Misalnya bisa saja karena LPG 3 kg di kecamatan Kebumen sudah berlebih, maka dilarikan ke Kecamatan Pejagoan” kata Agung

Saat ini pihaknya tengah melakukan penataan ulang terkait penyebaran pangkalan LPG 3 kg agar lebih proporsional. Meski memiliki 26 kecamatan, jumlah agen LPG 3 kg di Kebumen hanya 10 agen dengan jumlah pangkalan di 434 titik. (ahmad)

Berita Terkait