Mendikbud: Penggunaan Komputer Sebagai Media Ujian Lebih Efektif dan Aman

anies-baswedan

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Guna meningkatkan kualitas pembelajaran sekolah di zaman digital Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan mendorong pembangunan infrastruktur sekolah yang diarahkan untuk digitalisasi agar siswa dan guru terbiasa menggunakan perangkat komputer dengan baik.

Mendikbud Anies Baswedan di Kantor Kemendikbud pada Kamis lalu mengharapkan Ujian nasional (UN) tahun ini bisa menjadi rintisan penggunaan komputer sebagai media ujian. Sebab, lanjut Mendikbud, penggunaan komputer akan lebih digalakkan kedepannya.

Penggunaan komputer ini pun bukan hanya untuk ujian saja, tapi untuk pembelajaran sehari-hari dan di akhir tahun bisa dipakai untuk ujian.

Menurut Mendikbud Anies, penggunaan komputer sebagai media ujian lebih efektif dan relatif aman. Pasalnya, kombinasi soal yang digunakan dalam media ini lebih bervariasi, serta tidak berisiko terjadi kebocoran soal seperti halnya percetakan naskah ujian berbasis kertas.

Untuk tahun ini sudah lebih dari 500 sekolah yang menggunakan komputer sebagai media ujian. Dari pelaksanaan ujian berbasis komputer ini, memang masih terjadi beberapa kendala teknis. Akan tetapi, Mendikbud menanggapi, hal itu bisa diatasi dan dikendalikan dengan baik.

Diyakini, penggunaan komputer sebagai media pembelajaran hingga ujian bisa menjadi sarana yang baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. (welda)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar