Menperin Ajak Investor Kembangkan Mobil Esemka

Laporan: Redaksi

Menteri Perindustrian MS Hidayat

Menteri Perindustrian MS Hidayat

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Kementerian Perindustrian bantah tudingan mengenai kurangnya perhatian dan dukungan pemerintah terkait pengembangan mobil Esemka sebagai mobil nasional. Buktinya, Menteri Perindustrian MS Hidayat menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengajak investor mobil Esemka untuk berbincang mengenai strategi dan tahap-tahap yang perlu disiapkan dalam hal pengembangan mobil Esemka ke depan.

“Saya akan ajak bicara pihak investornya. Ada banyak hal yang perlu kita siapkan bersama. Industri mobil itu padat modal (capital intensive), padat karya (labour intensive) dan juga padat teknologi. Kita juga harus mempersiapkan masalah supply chain (pasokan bahan bakunya). Belum lagi masalah-masalah hukum agar proses produksi tidak menyalahi aturan. Ini semua harus direncanakan. Disiapkan,” kata MS Hidayat saat ditemui di Jakarta, Senin (5/3).

Hal lain yang perlu diperhatikan katanya, adalah pilihan mesin yang akan dipakai Esemka yang berpengaruh pada para pesaing yang akan langsung dihadapi oleh mobil Esemka begitu terjun ke pasar industri otomotif nasional.

Terkait gagalnya uji emisi yang baru dijalani oleh mobil Esemka, MS Hidayat mengungkapkan, pihaknya tidak bisa mengintervensi lantaran proses tersebut memang wajib dilewati oleh seluruh pelaku industri otomotif tanpa terkecuali. Dengan kegagalan tersebut, ia berharap pihak mobil Esemka bisa menemukan kelemahan dan segera mampu berbenah.

“Ada positifnya juga dengan kegagalan (uji emisi) itu. Dengan begitu mereka segera tahu kelemahannya apa. Dari situ segera dibenahi. Yang pasti saya juga berkepentingan agar (mobil Esemka) ini berkembang. Saya juga ingin kita punya mobil nasional,” ungap MS Hidayat. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar