Menperin Apresiasi Industri Pulp dan Kertas Donasikan 500 Ton Oksigen Medis

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kementerian Perindustrian bersama pelaku industri terus berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan gas oksigen bagi penanganan pasien Covid-19 di sejumlah daerah. Kolaborasi ini merupakan salah satu komitmen nyata untuk menanggulangi lonjakan kasus positif Covid-19 di tanah air dalam beberapa hari terakhir.

“Kami proaktif melakukan kerja sama dan koordinasi dengan kementerian/lembaga terkait, pemerintah daerah, termasuk asosiasi industri maupun perusahaan industri untuk membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada acara Pelepasan Bantuan Oksigen Perdana Tanoto Foundation dan mitra perusahaan APRIL Group – PT. Riau Andalan Pulp & Paper (PT.RAPP), Jumat (9/7).

Menperin menegaskan, pihaknya bertekad mengerahkan semua kemampuan industri dalam negeri untuk memenuhi lonjakan kebutuhan gas oksigen nasional, di antaranya dengan menginstruksikan perusahaan-perusahaan industri untuk memastikan ketersediaan oksigen khususnya untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis.

“Sektor industrinya tidak hanya yang bergerak khusus dalam bidang produksi gas oksigen, tetapi juga industri yang mempunyai potensi untuk membantu ketersediaan oksigen medis,” ungkapnya.

“Dukungan oksigen dari RAPP pada hari ini merupakan wujud dari Instruksi Menperin. Tiga hari lalu saya berkomunikasi dengan RAPP, dan hari ini bantuan dari RAPP bisa terlaksana. Kami menunggu kontribusi dari perusahaan lainnya untuk mengikuti langkah RAPP,” kata Menperin.

Menperin menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Tanoto Foundation dan mitra perusahaan APRIL Group – PT. Riau Andalan Pulp & Paper (PT. RAPP) yang dalam kondisi pandemi ini bersedia memberikan bantuan pasokan oksigen medis dengan mengalihkan fasilitas oksigen plant untuk proses bleaching pulp, yang sebagian digunakan untuk oksigen medis sebesar 500 ton atau 100 ton dalam lima kali pengiriman.

“Pengiriman akan dilakukan mulai hari ini (9/7) dari Pangkalan Kerinci menuju Jakarta secara bertahap,” tuturnya. (sabar)

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar