Menperin: Desainer Muda, Lokomotif Industri Kreatif

Wakil Presiden RI Jusuf didampingi Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Ketua HIPPI Suryani SF. Motik meninjau salah satu stand batu akik pada Pameran iCRAFT di Jakarta Convention Center, 10 Juni 2015

MENINJAU – Wakil Presiden RI Jusuf didampingi Menteri Perindustrian Saleh Husin (kiri) dan Ketua HIPPI Suryani SF. Motik (kanan)  meninjau salah satu stand batu akik pada Pameran iCRAFT di Jakarta Convention Center, 10 Juni 2015. (tubasmedia.com/istimewa)

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Kiprah desainer muda menjadi salah satu pendorong pengembangan produk kerajinan di Tanah Air. Berbekal interaksi dengan dunia luar dan pendidikan membuat mereka terbuka pada ide-ide baru.

“Jadi perpaduan usia muda, kreativitas, dan kesempatan membuat desainer muda mampu menciptakan kreasi baru. Mereka jadi lokomotif di kerajinan, furnitur hingga desain interior,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin seusai menghadiri pembukaan pameran iCraft di JCC, Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Pameran yang diselenggarakan Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) itu merupakan ajang menggelar karya produk interior dan industri kreatif Indonesia berbasis kriya. Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka secara resmi pameran yang berlangsung hingga Minggu (14/6).

Menperin menyebutkan, perlu dipersiapkan generasi selanjutnya dari para desainer muda saat ini. Selain itu, industri kreatif bakal terus didorong karena sarat potensi menembus pasar dalam negeri maupun ekspor.

“Industri kreatif itu multi-impact. Menciptakan lapangan kerja terlatih dan terdidik, mendongkrak nilai tambah dari bahan mentah hingga dijual untuk ekspor,” ujarnya, seperti dipetik dari siaran pers Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenperin, Hartono, Rabu petang.
Setiap daerah diharapkan memacu masing-masing produk yang diunggulkan. Termasuk modifikasi motif lokal yang diyakini meningkatkan keunikan masing-masing produk. (ender)

Berita Terkait

Komentar

Komentar