Mentan Andi: Tahun 2015, Anggaran Bantuan Pertanian Sumut Rp. 1,14 Triliun

index

BATUBARA, (tubasmedia.com)–Tahun 2015, anggaran bantuan pertanian di Sumatera Utara (Sumut) sebesar Rp1,14 triliun. Jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya Rp 100 miliar, anggaran ini naik 1000 persen.

Menteri Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman tengah menantang Gubernur Sumut untuk menaikkan produksi pertaniannya melalui Kadis. Saat ditanya kenaikan anggaran, Pak Kadis hanya meminta 20 persen. Tapi Mentan Andi telah memberikan 1000 persen dan tahun depan akan dinaikkan lagi menjadi 2000 persen.

Mentan Andi dalam acara menanam padi perdana menggunakan mesin tanam padi (transplanter) di Desa Simodong Kabupaten Batubara pada Kamis (23/04) mengatakan tujuan mengelontorkan dana sebesar itu adalah untuk menantang Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho menaikkan produksi beras di Sumut menjadi 4,6 juta ton tahun ini dari target tahun sebelumnya 3,5 juta ton.

Mentan Andi, dalam pertemuan yang juga dihadiri para petani ini, memaparkan bahwa pemerintah akan menyelesaikan persoalan pertanian mulai dari tenaga penyuluh, pupuk, bahkan anggaran bantuan untuk Sumut.

Terkait harga gabah panen, Rp 3.500 di tingkat petani. Sedangkan HPP nya Rp. 3.700 di petani, dan Rp. 3.750 di tingkat penggilingan. Kalau digiling jadi beras, nilainya menjadi Rp. 5.000-6.000. padahal, harga di Pasaran mencapai Rp. 10.000. Menurut Mentan Andi, disparitas ini cukup jauh sehingga Bulog harus turun langsung ke lapangan. Selain itu, Mentan mengaku, pihaknya juga sedang menyelesaikan persoalan persediaan pupuk untuk saat ini dan seterusnya. (rika)

Berita Terkait

Komentar

Komentar