Mentan Janji akan Buat Sesuatu di Humbahas yang Belum Pernah Dilihat Orang Indonesia

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke lokasi food estate di Desa Ria-ria Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat 11/9.

Kunjungan Mentan kali ini dimaksudkan meninjau langsung  lahan food estate seluas 1.000 ha sekaligus mempersiapkan rencana kunjungan Presiden RI, Joko Widodo pada Oktober mendatang.

‘’Kita sedang mempersiapkan rencana kunjungan bapak Presiden RI yang direncanakan  Oktober nanti untuk melihat langsung Program 30.000 ha lahan food estate di Humbahas tahun 2023 yang diawali dengan 1.000 ha di Kecamatan Pollung ini,’’ kata mentan.

Dijelaskan, food estate tahap pertama akan menggunakan lahan 1.000 ha untuk tanaman kentang, bawang merah dan bawang putih. Sementara total keseluruhan lahan yang akan digunakan sekitar 30.000 ha.

“Intinya kita mau buat di Humbahas ini yang orang Indonesia belum pernah lihat. Ini tidak hanya untuk Sumut, tapi juga untuk Indonesia. Percontohannya ada di sini, food estate pertama kali di Indonesia,” tegasnya.

Diungkapkan Syahrul, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum memulai food estate. Antara lain, lahan, bibit yang bagus, pupuk yang istimewa, mekanisasi, budidaya, hingga pasca panennya.

Sektor pertanian menurut menteri merupakan sektor yang tahan banting meski di masa pandemi Covid-19. Dari sisi ekonomi, pertumbuhan sektor pertanian saat ini tumbuh 22 persen. Food estate akan ikut menggerakkan perekonomian Sumut dan Indonesia.

Wakil Gubernur Sumatera Utara, Rajekhah yang turtmendampingi menteri mengatakan lahan yang begitu luas di  Humbahas dan subur sudah bisa dimanfaatlan untuk kepentingan dan kemakmuran  masyarakat setempat termasuk untuk kepentingan negara. “Hasil peranian bawang merah dan bawang putih sangat luar biasa ” katanya.

Bupati Senang

Sementara Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor pada kesempatan yang sama mengaku senang dengan kehadiran food estate. “Baru kali ini Desa Ria-ria diolah dengan benar sebab selama ini lahan yang menjadi lokasi food estate adalah hutan,”kata bupati.

Usai kunjungan Mentan ke lokasi food estate , rombongan juga meninjau lokasi Indofood di daerah itu dan pada keampatan itu, Mentan menyerahkan Alsintan (alat mesin pertanian) beberapa unit dengan nilai Rp 14 miliar.

Food estate  merupakan konsep program ketahanan pangan yang dilakukan secara terintegrasi antara investor, pemerintah dan masyarakat.

Pengembangan food estate di Humbahas tahap awal akan dimulai secara terkonsentrasi di atas lahan 1.000 ha di Kecamatan Pollung dan pada tahun 2023 ditargetkan menjadi 30.000 ha yang menyebar di 10 Kecamatan di Humbahas.

Pemerintah Pusat telah merencanakan  Sumatera Utara akan menjadi lumbung pangan yang dimulai dari Humbahas berbasis tanaman  holtikultura, dengan melibatkan investor dari  beberapa perusahaan besar yang telah menyatakan kesiapan dan  kesanggupannya. (edison ompusunggu).

Berita Terkait

Komentar

Komentar