Menteri Agama, Yaqut Choilil Quomas Ajak Pendeta dan Warga HKI Daerah XII Jadi Duta Persahabatan Antar Negara

Menteri Agama, H Yaqut Cholil Quomas

 

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Perayaan Natal 2022 yang diselenggarakan Gereja Huria Kristen Indonesia (HKI) Daerah XII Jawa- Lampung bersama Masyarakat Kristen Korea Selatan dan Christian Global Network Television (CGNTV), adalah sebuah Natal dengan konsep Inkulturasi dua bangsa dan dua suku bangsa yaitu Indonesia (khususnya Batak Toba) dan Korea Selatan.

Hal itu diutarakan Praeses HKI Daerah XII, Jawa-Lampung, Pdt Happy Pakpahan kepada media usai perayaan Natal yang berlangsung Minggu 4 Desember 2022 di Maria Convention Hall Jakarta.

Menurutnya, HKI Daerah XII dengan semangat persahabatan Oikumene merangkul komunitas masyarakat Kristen Korea Selatan se-Jabodetabek untuk beribadah bersama disertai pagelaran budaya dari masing-masing Negara.

Diharapkan dengan perayaan Natal ini, persaudaraan Gereja HKI dan masyarakat Kristen Korea Selatan serta CGNTV semakin nyata dalam ibadah, misi pekabaran injil dan menjadi berkat membawa kerukunan dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari.

Natal ini lanjutnya, juga menjadi deklarasi bahwa semua pendeta dan warga jemaat HKI se-Daerah XII menjadi sahabat bagi komunitas warga Kristen Korea Selatan yang ada di Indonesia dan sahabat bagi CGNTV untuk pelaksanaan pelayanan dan misi demi kemuliaan Tuhan Yesus.

Perayaan Natal diawali beberapa sambutan dari Ketua Umum Panitia, St. Drs. Yockie M. Hutagalung, MM, Mr. Lee Yong Kyung (CEO CGNTV), Pdt. Lee Jae Hoon (Senior Pastor Gereja Onnuri Korsel), Mr. Lee Ho Duck (Ketua Pelaksana CGNTV Indonesia) dan sambutan tertulis Menteri Agama RI, yang dibacakan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama, Dr Jeane Marie Tulung, STh, M.Pd

Secara khusus Menteri Agama, H Yaqut Cholil Quomas dalam kata sambutannya menyambut baik perayaan Natal HKI Daerah XII bersama masyarakat Kristen Korea Selatan dan CGNTV apalagi dibungkus dalam ikatan persahabatan dua negara, menyandingkan dua budaya, antara Indonesia dengan Korea Selatan, terlebih lagi dibalut di dalam Kidung Pujian Natal dan Pagelaran Budaya.

Rombongan kollekten yang menggunakan “tandok”

Mengasihi Manusia

‘’Natal adalah bukti kasih Allah yang mengasihi manusia. Sehingga kasih itulah yang hendaknya kita teruskan kepada semua orang, antara lain melalui jalan persahabatan antar suku bangsa seperti yang saat ini sedang dilaksanakan oleh umat Gereja HKI dan Korea Selatan Bersama CGNTV,’’ katanya.

Kasih Tuhan mempersatukan manusia yang berbeda untuk melakukan perbuatan baik, membawa kerukunan kerekatan internal umat atau jemaat dan kelekatan antar umat beragama.

Ibadah Natal dilayani para pendeta HKI Daerah XII dan diiringi Band HKI Daerah XII Jawa-Lampung Chamber Orchestra yang dipimpin Boy Sihombing.

Pdt. Eunjoon Lee (Koordinator Misi Asia Tenggara Gereja Onnuri Korsel) dalam khotbahnya yang mengambil Thema “ … maka pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain” (Matius 2:12), mengajak semua jemaat menempuh jalan lain, jalan baru yaitu jalan kasih yang nyata dihadirkan Allah melalui kelahiran Yesus Kristus dalam menjalani kehidupan ini.

Kasih mempersatukan semua manusia yang berbeda termasuk perbedaan suku dan berbeda bangsa seperti Indonesia dan Korea Selatan, khususnya umat Gereja HKI dan masyarakat Kristen Korea Selatan untuk sama-sama menjadi berkat bagi orang lain.

Usi dilaksanakan Pagelaran Budaya antar Bangsa bertajuk Dream On Concert. Ada beberapa Tim dari masing-masing budaya yang memberikan persembahan acara antara lain dari HKI, Paduan Suara 100 Persekutuan Perempuan HKI arahan St. Louis Sitompul, SH, MKn,

Koor Gabungan Bahana HKI, Band HKI Daerah XII Jawa-Lampung Chamber Orchestra, Tim Musik Tradisional Batak HKI dan Tim Tarian Batak Tortor HKI Tangerang.

Pdt Sung Jin Hwa sedang melantunkan solo bariton

 

Sementara tim Korea Selatan tampil Tari NOA Indonesia, Solo Bariton oleh Pdt Sung Jin Hwa (diiringi Piano dan Cello), Tim Pujian Gabungan Gereja Kore, Taekwondo Korea, Tim Tari K-Art (Tari Kipas Korsel), Tim Tari K-Art Tari Janggu, Performance Saxophone Pdt. Jeong dan Choir Yeolin Gereja Korea.

Atas nama Majelis Daerah dan Panitia Pelaksana, Pdt. Happy Pakpahan dan St Drs. Yockie Hutagalung, MM, CSt. Poltak Hutasoit, SE.Ak dan St. Saut Manullang (Sekretaris Panitia) mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik kepada seluruh panitia, baik dari HKI maupun dari CGNTV yang dipimpin Mr Yun Young Jun dan semua Tim Performance Pujian yang berpartisipasi dalam Acara.

Panitia juga memohon agar kerjasama pelayanan antara Gereja HKI Daerah XII dan Masyarakat Kristen Korea Selatan serta CGN TV dapat berlangsung baik, bukan hanya dalam acara Natal saja tetapi dalam kelanjutan program untuk menjangkau banyak jiwa mengenal dan hidup dalam Kristus dan semakin menjadi berkat bagi banyak orang.(sabar)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.