Menyulap Daun Singkong jadi Cemilan Crispy

Laporan: Redaksi

ilustrasi

PURBALINGGA, (tubasmedia.com) – Terinspirasi film dari Thailand, Toto Maryoto mengolah daun singkong menjadi makanan crispy yang renyah dan gurih. Dalam film yang ditontonnya makanan serupa di Thailand terbuat dari rumput laut. Pemuda asal Desa Krenceng Kecamatan Kejobong, Purbalingga ini mengenalkan produknya dalam acara Safari Pembangunan Pedesaan di Desa Nangkod, Kejobong, Purbalingga, pekan lalu.

Toto berusaha membuat produk makanan dengan bahan baku seadanya yang banyak dijumpai di desanya. Menurut Toto, daun singkong sangat berlimpah, apalagi saat ini banyak kaum ibu yang bekerja sebagai pengupas singkong dengan penghasilan yang sangat minim.

“Hampir selama enam bulan sejak pertengahan 2013 saya melakukan berbagai uji coba. Bersyukur pada usai lebaran lalu, apa yang saya angankan dapat diproduksi. Mudah-mudahan ini dapat berkontribusi terhadap kemajuan kuliner di Purbalingga,” katanya.

Saat ini, bersama sembilan orang karyawan, Toto mampu mengolah 100 ikat daun singkong per hari. Sehingga dengan usahanya ini, diyakini dapat membantu menambah kesejahteraan masyarakat. Produk olahannya tidak hanya dipasarkan di Purbalingga namun juga ke berbagai kota lain seperti Kebumen, Semarang, Jakarta bahkan sampai Kalimantan.

Namun Toto mengakui masih ada kendala dalam mengembangkan produknya yaitu menyangkut tempat produksi. Alat dan tenaga kerja juga masih sangat terbatas. Ia mengaku, kedepan ingin membuat pabrik dengan kapasitas produksi yang lebih besar.

Saat menghadiri acara Safari Pembangunan Pedesaan, Bupati Purbalingga Sukento Ridho Marhaendrianto mengingatkan agar produk cemilan tersebut dapat diolah secara higienis, tanpa MSG dan bahan pengawet. Sehingga produk makanan itu nantinya tidak berbahaya terhadap kesehatan masyarakat. “Teman-teman UMKM Purbalingga rutin menggelar program Gelar Produk Lokal Purbalingga di Stadion Guntur Darjono. Silahkan bergabung,” ajak Bupati. (joko suharyanto)

Berita Terkait

Komentar

Komentar