Metode Gasing akan Diterapkan di Humbahas

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Metode Gasing (Gampang Asyik Menyenangkan) akan segera diterapkan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) sebagai bentuk usaha pemerintah meningkatkan kemampuan anak didik menguasai mata pelajaran matematika.

‘’Gasing adalah metode baru pembelajaran matematika dengan tahapan-tahapan hingga membuat anak lebih cepat menguasai matematika secara gampang asyik dan menyenangkan,’’ kata Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor kepada sejumlah awak media di ruang kerjanya Senin 24/1.

Kepada para guru yang sudah mengikuti pembelajaran di Institut Teknologi (IT) Del bersama 16 siswa lainnya, agar secepatnya menerapkan metode Gasing kepada siswa masing-masing.

Mengingat semakin ketatnya persaingan pendidikan , mulai tingkat provinsi hingga nasional, terutama ketika persaingan masuk ke perguruan tinggi, kata Dosmar, ke 16 guru yang telah mengikuti pembelajaran metode ini harus segera menerapkan kepada siswanya.

”Guru harus mampu memahami para peserta didik dan memberi pemahaman bahwa pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik ternyata bisa menyenangkan,” harapnya

Dosmar melihat dengan memahami metode ini, pelajaran matematika tidak lagi menjadi monopoli orang pintar saja, tetapi semua orang bisa mempelajarinya dengan mudah.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Humbahas, Jonny Gultom menyebut  usai mengikuti pelatihan Gasing, salah seorang guru telah menerapkan Gasing dan telah membuahkan hasil di SD 171677 Pollung Desa Parsingguran II, dimana salah seorang siswa bernama Edward Elieser Lumbangaol berhasil mengikuti semua pembelajaran di sekolahnya.

Padahal dia, sebelumnya dikenal terbelakang di sekolah itu dan merupakan anak yang paling lemah di semua pelajaran, terutama dalam matematika. Tapi kini telah berbuah hasil yang baik usai mengikuti Gasing.

” Edward ini dulunya pemalu, dan latar belakang dari keluarga orang tak mampu, bahkan sumber daya manusianya juga. Tapi sekarang dia sudah terdepan dan bisa mengalahkan temannya yang juara satu di sekolahnya,” ujar Kepala Sekolah SD 177677 Pollung Desa Parsingguran II, Armida Purba kepada Kepala Dinas Pendidikan Jonny Gultom melalui telepon.

Kata Jonny, sebagai tindaklanjutnya pembelajaran pelatihan Gasing, diharap semua guru-guru dapat mendorong siswanya untuk belajar matematika secara gampang mudah dan mengasyikkan.

‘’Bahwa mata pelajaran matematika tidak lagi suatu momok yang ditakuti oleh anak-anak di sekolah, itu harapan kita,” katanya.(edison ompusunggu)

Berita Terkait