Mobil Rakitan Esemka Harus Siap Layanan Purna Jual

Laporan: Redaksi

Mobil Esemka

Mobil Esemka

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – After sales (purna jual) spare part menjadi hal yang penting untuk industri otomotif. Hal inilah yang menjadi pusat perhatian Kementerian Perindustrian untuk mobil rakitan Esemka.

“Kita siap menerbitkan (Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor), karena yang penting sudah memiliki laik jalan dari Departemen Perhubungan,” Budi Darmadi, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian, Senin (22/10/2012).

Namun Budi mengingatkan, agar Esemka segera mempersiapkan after sales di berbagai daerah di Indonesia. “Jangan lupakan pelayanan purna jual karena itu sangat penting dan biar konsumen yang memilih nantinya. Layanan after sales mobil itu berbeda dengan makanan, karena mobil itu bisa dipakai selama 6 tahun dan dipakai tidak di satu tempat. Ini menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk membelinya,” kata Budi.

Pasalnya Budi menilai pabrikan otomotif yang sukses itu, dilihat dari kesiapan spare part atau layanan purna jual.

“Hasil survey kita berdasarkan pengamatan, produsen yang banyak mempersiapkan purna jual dia akan sukses. Dan ini (spare part) juga bisa bekerja sama dengan perusahaan lain,” kata Budi. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar