MOPD Menitikberatkan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

CIAMIS, (Tubas) – Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kabupaten Ciamis sudah selesai dilaksanakan.

Pantauan tubasmedia.com di dua jenjang Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMAN 2 Ciamis dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) SMPN 2 Ciamis, seperti diungkapkan Kepala Sekolah RSBI SMAN 2 Ciamis, H. Endang Rahmat melalui PKS Kesiswaan Fadjar, MOPD digelar sejak hari Senin sampai Rabu, pekan lalu.

Kegiatannya menitikberatkan kepada pengenalan lingkungan sekolah dan warga yang berada di dalamnya. Peserta didik baru dibekali disiplin siswa, wawasan wiyatamandala, tata krama serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan (Imtaq).

“Bagi SMAN 2 Ciamis, tujuan MOPD adalah bagaimana siswa baru berkarakter iman dan takwa sebagai modal awal belajar tanpa perploncoan, sebelum MOPD digelar dilaksanakan program matrikulasi. Hal tersebut sangat berguna dalam upaya pengenalan program sekolah terhadap peserta didik baru dalam rangka menyamakan visi, terutama dalam bidang studi,” kata Fadjar.

MOPD di SMAN 2 Ciamis, lebih menekankan pada kegiatan yang bersifat edukatif dan rekreatif dengan pola pengenalan lingkungan sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler.

Hal yang sama diungkapkan Kepala SBI SMPN 2 Ciamis Agus Somantri, melalui PKS Kesiswaan Elan Suherlan yang mengatakan pelaksanaan MOPD di SMPN 2 Ciamis lebih menitikberatkan pada karakter kebangsaan. Siswa sebagai embrio harus memahami, mengetahui serta mengamalkan Pancasila, lagu kebangsaan serta menjunjung tinggi nilai-nilai Ketuhanan yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum MOPD digelar terlebih dahulu digelar program matrikulasi supaya peserta didik baru tidak kaget dengan program-program yang ada di sekolah. (mamay)

Berita Terkait

Komentar

Komentar