Mutu SDM Petani di Banyumas Harus Ditingkatkan

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

BANYUMAS, (TubasMedia.Com) – Kelompok Tani Se-Kabupaten Banyumas mengikuti Sosialisasi Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT),di Aula Kelurahan Purwokerto Lor Kecamatan Purwokerto Timur, baru-baru ini. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) Petani di Kabupaten Banyumas.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan, Kabupaten Banyumas Ir.Widarso mengatakan, tahun anggaran 2012 Kabupaten Banyumas mendapatkan alokasi kegiatan tugas pembantuan dari Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian berupa kegiatan SLPTT padi non hibrida 340 unit, padi lahan kering 80 unit, jagung hibrida 30 unit,dan kedelai 200 unit. Selain itu, Kabupaten Banyumas juga mendapatkan bantuan benih untuk padi non hibrida 8.000 ha, padi lahan kering 2.000 ha, jagung hibrida 450 ha,dan kedelai 2.000 ha yang sedang dalam proses. Diharapkan April mendatang dapat segera terealisasikan, jelasnya.

Bupati Banyumas melalui Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra, Ir.Tjutjun Sunarti R mengatakan, pertanian di Kabupaten Banyumas masih memiliki beberapa kendala yang memerlukan penanganan serius. Terjadinya alih fungsi lahan pertanian menjadi non pertanian, pertambahan penduduk yang cukup tinggi, serta kondisi cuaca yang tidak kondusif serta berbagai masalah terkait sarana dan prasarana produksi, maupun industri harus mendapatkan perhatian.

Oleh sebab itu, penggalian dan penerapan teknologi baru dalam budidaya tanaman pangan khususnya padi, baik yang dilakukan melalui penelitian oleh perguruan tinggi, lembaga penelitian pemerintah, dinas maupun oleh swasta, maupun dengan mengadopsi teknologi yang sudah diterapkan dan terbukti hasilnya, harus ditingkatkan. (christoper)

Topik :

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.