Nama Gibran Juga Disebut PDIP Calon Gubernur DKI

JAKARTA, (tubasmedia.com) – PDI Perjuangan (PDIP) mengantongi sejumlah nama potensial untuk maju kontestasi Pilgub DKI 2024. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut, kader partai ini akan dipilih langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Banyaklah calon-calon, nanti rakyat yang menentukan, Ibu Mega yang secara konstitusional itu memiliki kewenangan untuk menetapkan,” kata Hasto Kristiyanto di Jalan Inspeksi Banjir Kanal Timur, Jakarta Timur, Minggu (9/1).

Hasto mengungkap beberapa nama potensial itu adalah mereka yang sudah pernah menjabat kepala daerah dua periode. Dia membeberkan sejumlah nama antara lain Tri Rismaharini dan Wali Kota Semarang Hendar Prihadi atau Hendi.

Hasto juga menyebut nama Budi Sulistiyono atau Kanang dan I Made Agus Mahayastra serta Ni Putu Eka Wiryastuti yang memiliki potensi ikut kontestasi politik Pilgub DKI. Hasto menyebut partainya memiliki banyak stok pemimpin.

“Pak Kanang Bupati Ngawi, ada di Bali itu kita punya yang sudah dua periode bagus, Pak Agus Mahayastra, kemudian ada Bu Eka Bupati Tabanan, cukup banyak stok pemimpin yang dimiliki PDIP,” katanya.

Wali Kota Surakarta atau Solo, Gibran Rakabuming Raka juga mencuat menjadi calon Gubernur DKI Jakarta. Nama Gibran pun disinggung oleh Sekjen PDIP Hasto Kritiyanto.

Gibran, kata Hasto, masih harus membuktikan hasil kerjanya sebagai Wali Kota Solo.

“Sementara Mas Gibran, beliau sudah terpilih sebagai Walkot Solo tentu saja harus juga membuktikan bagaimana kepemimpinan Mas Gibran agar kepemimpinan yang ideologis yang mengedepankan juga kultur Nusantara serta mampu membawa perubahan secara sistemik sebagaimana telah dilakukan oleh Bu Risma juga dapat dilakukan oleh Mas Gibran,” ujarnya.

Gibran, saat ditanya dirinya yang dikaitkan dengan Pilgub DKI Jakarta oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, ‘’Saya di Solo saja, menyelesaikan pekerjaan dulu, banyak pekerjaan,’’ katanya.

Diketahui, bursa Pilgub DKI Jakarta 2024 makin seru setelah nama-nama baru muncul. Terkini, ada Grace Natalie yang disiapkan PSI. Nama Grace menambah panjang daftar kandidat potensial pengganti Anies Baswedan, yang purnatugas sebagai Gubernur Jakarta tahun ini.

Nama Grace Natalie dimunculkan anggota DPRD DKI Fraksi PSI Anggara Citra. Sebelumnya, ada nama Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, mantan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany, hingga Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi NasDem Ahmad Sahroni. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar