Nama Rini Masuk Panama Papers, Copot Saja…

index

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Sebagai resiko namanya masuk Panama Papers, Menteri BUMN Rini Soemarno didesak mundur. Atau, Presiden Jokowi mencopotnya. Pertanyaannya, berani tidak Jokowi mencopot Rini.

Sejumlah nama pejabat dan pengusaha Indonesia yang masuk Panama Papers, ada satu nama yang menarik. Dia adalah mantan direktur Astra yang kini masuk Kabinet Kerja. Siapa dia?

Dia adalah Menteri BUMN Indonesia Rini Soemarno yang diduga memiliki saham di perusahaan offshore One World Limited Investment dan First Union Consultant Limited, atas nama Rini Mariani Soewandi.

Sekretariat Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Yenny Sucipto mengatakan, masuknya nama Menteri BUMN Rini dalam daftar Panama Papers, tidak bisa dipandang remeh.

Konsekuensinya, kata Yenny, Menteri Rini mundur atau dicopot presiden (reshuffle). Dalam hal ini, pejabat di Indonesia seharusnya meniru sikap PM Islandia Sigmundur David Gunnlaugsson yang mundur karena namanya tercantum dalam masuk Panama Papers.

“Seperti yang jamak diberitakan bahwa Menteri Rini Soemarno merupakan salah satu orang dari 2.961 yang namanya termuat di Panama Paper. Beliau sebaiknya mundur atau presiden reshuffle,” kata Yenny di Jakarta kemarin.

Agar masalah ini tidak merusak citra Kabinet Kerja, kata Yenny, Presiden Jokowi harus memiliki sikap yang tegas. Kalau tidak publik bisa memberikan penilaian buruk bagi pemerintahan Jokowi.

“Apabila presiden tetap mempertahankan Rini Soemarno, itu bukan tindakan yang bijak dari seorang presiden. Malah aneh kalau presiden bersikukuh untuk mempertahankan Rini,” tutur Yenny.

Untuk mengingatkan saja, dokumen Panama Papers memuat klien dari Mossack Fonseca, sebuah firma hukum berkedudukan di Panama. Dalam dokumen ini, tercantum nama-nama klien Mossack sejak 1977 sampai 2015.

Nah, dari ribuan nama yang menjadi klien Mossack Fonseca itu, salah satunya adalah Rini Soemarno. Sebelumnya, ICIJ sudah merilis bocoran Panama Papers melalui Offshore Leaks pada April 2013. Nama Rini tercatat di tautan https://offshoreleaks.icij.org, tercantum Menteri BUMN Indonesia, Rini Soemarno. Dia tercatat sebagai pemmilih saham perusahaan offshore One World Limited Investment dan First Union Consultant Limited.

Alamat Rini yang tercantum dalam laman tersebut adalah Taman Patra VIII No 8 Rt 005/04, Kuningan Timur, Jakarta Selatan. Atas nama Rini Mariani Soewandi, nama sebelum menikah. (red)

Berita Terkait

Komentar

Komentar