Nasib Karyawan PDAM Bagai Telur Diujung Tanduk

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

TASIKMALAYA, (TubasMedia.Com) – Nasib sejumlah karyawan PDAM Tirta Sukapura Tasikmalaya, Jawa Barat, bagai telur di ujung tanduk karena terancam pemutuhan hubungan kerja (PHK) dalam kerangka perombakan karyawan untuk menyehatkan tubuh PDAM Tirta Sukapura Kabupaten Tasikmalaya.

Program Direktur baru PDAM itu mendapat reaksi sejumlah karyawan PDAM. Sejumlah karyawan yang terbelit masalah akan dirumahkan (nonjob), sebagian diturunkan pangkatnya dan ada yang di PHK.

Dirut PDAM Tirta Sukapura, H Asep Nurzaeni membenarkan rencana perombakan itu selama enam bulan ke depan. Diharapkan dalam enam bulan karyawan yang dirumahkan menunjukkan itikad baiknya menyelesaikan masalah yang membelitnya.Asep tidak menyebutkan jumlahnya. Dia hanya menegaskan ada dan yang dipecat pun ada.

Selain penurunan pangkat dan penonjoban, PDAM pun melakukan promosi kepada sejumlah karyawan yang mempunyai dedikasi tinggi. Sejumlah karyawan yang telah belasan tahun berada di suatu posisi tertentu, dipromosikan menduduki jabatan baru yang lebih baik.

Perombakan yang akan dilakukan berdasarkan kajian dan musyawarah serta pertimbangan matang dan trasparan dengan memperhatikan saran dan input dari berbagai kalangan demi kemajuan PDAM. “Meski ada gejolak dari segelintir orang yang tidak siap dengan rotasi dan mutasi, perombakan tetap akan dilakukan. Target kami PDAM Tirta Sukapura sehat,” tegas Asep.

Perombakan, lanjut Asep harus dilakukkan terkait gemuknya jumlah karyawan yang mencapai 295 orang termasuk di dalamnya 390 orang karyawan tidak tetap. “Jumlahnya sudah overload maka jalan keluarnya adalah menyehatkan PDAM. Ketika perusahaan sudah sehat, ekspansi usaha akan terjadi dan itu akan membuka peluang terjadinya pemetaan karyawan,” jelasnya. (hakri)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar