Neraca Perdagangan RI, Terancam Barang Impor dari Cina

1233223780x390

JAKARTA, (tubasmedia.com)  – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin mengingatkan pemerintah soal banjirnya barang konsumsi yang diimpor dari Cina.

“Yang penting, jangan barang ekspor yang masuk ke kita itu barang konsumsi. Apalagi barang tersebut sebetulnya bisa dibuat di dalam negeri,” kata Suryamin di Jakarta, kemarin.

Suryamin beralasan, jika keberadaan barang impor asal Tiongkok ini tidak bisa dibendung, bakal mengancam neraca perdagangan Indonesia. “Yah pasti neraca perdagangan kita juga akan terganggu,” kata Suryamin.

Pria kelahiran Garut, Jawa Barat ini, justru menyarankan pemerintah untuk meningkatkan impor pada sektor, produktif. Pasalnya, hal ini akan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi dalam jangka panjang.

“Kita lihat kalau dampaknya ke barang-barang investasi, barang modal, ya bisa positif terhadap kita,” katanya.

Menurut Suryamin, Negeri Panda ini memang rajin mengeskpor produk mereka ke Indonesia, dari data BPS, Tiongkok masuk dalam nomer 3 negara pengimpor ke Indonesia.

“Tiongkok adalah tiga atau empat besar negara yang mengimpor ke kita. Mudah-mudahan saja, kalau ada peningkatan ke kita, impornya barang modal dan bahan baku yang belum bisa diproduksi ke kita,” lanjutnya. (sabar)

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar