Nitra sebagai Mascot TMII

Laporan: Redaksi

Nitra atau Anjani Putra

Nitra atau Anjani Putra

JAKARTA, (Tubas) – Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai Lembaga Pelestarian Budaya Indonesia berdasarkan Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI No.KM.21/PW.007/MK/2011 tentang Penetapan TMII sebagai lemabaga pelestarian budaya Indonesia sejak 23 Maret 2011 lalu.

Pengelola menetapkan Nitra atau Anjani Putra, yang terpilih menjadi maskot TMII dalam pemilihan tokoh Hanoman atau Nitra. Itu berarti, diharapkan agar keluhuran budi pekertinya dijadikan suri teladan dan sumber inspirasi yang menyatu dan senapas dengan misi yang diemban TMII.

Menurut Direktur Operasional TMII Ade F Meilila, Nitra “Anjani Putra” merupakan salah satu tokoh dalam legenda Ramayana yang wujud aslinya yakni Sang Hanoman. Hanoman merupakan salah satu anak dewa, Bharata Guru dengan Dewi Anjani, yang dianugerahi banyak nama seperti Bayusiwi putra Bhatara Bayu, Handayapati yang mempunyai kekuatan yang sangat besar, Kapiwara sebagai raja warana/kera, Ramandayapati sebagai putra angkat Sri Rama, Guruputra sebagai putra Bhatara Guru, Yudawisama panglima perang, Mayangkara sebagai putih bersih, Bayudara sebagai putra Bharata Bayu, Haruta, Maruti atau angin, Palwagasena sebagai kera putih, Prabancana adalah angin, Senggana panglima perang yang tak terkalahkan, Anjani Putra sebagai putra Dewi Anjani dan Suiyuswa yang berumur panjang.

Nitra atau Anjani Putra, berwujud wanara (kera) putih yang perkasa, mempunyai kepribadian yang menonjol, berjuang membela dan menegakkan kebenaran tanpa pamrih, serta mahir berdiplomasi sehingga dipercaya sebagai utusan/duta yang dapat menunaikan tugasnya dengan tuntas. Ia juga mempunyai watak dan kepribadian pemberani, sopan santun, tahu harga diri, mengerti kediriannya, setia, prajurit dan pahlawan perang yang ulung/tangguh, sangat waspada, pandai berlaga, rendah hati, teguh dalam pendirian, kuat tabah dan sangat sakti. Ia merupakan makhluk kesayangan dewata, sehingga dikarunia umur panjang. (gunawan)

Berita Terkait

Komentar

Komentar