Site icon TubasMedia.com

Oknum Guru Terbitkan Ijazah Aspal

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

CILACAP, (TubasMedia.Com) – Pameo guru, di-gugu dan ditiru tampaknya tak berlaku bagi oknum guru yang satu ini. Untuk mendapatkan tambahan penghasilan nekat menerbitkan ijazah aspal (asli tapi palsu) keluaran SMA Jenderal Soedirman Cilacap yang sudah tidak aktif.

Dari pantauan TubasMedia.Com, kondisi bangunan sekolah yang berdiri di kawasan Damalang Cilacap itu sudah rombeng. Hampir seluruh atap bangunannya rusak parah. Namun, di depan gedung tersebut masih terpajang plang identitas sekolah yang bertuliskan “Yayasan Jenderal Soedirman” dan di bawah bertuliskan SMP-SMA.

Menurut sumber, dulu gedung tersebut memang digunakan untuk kegiatan belajar-mengajar. Namun sejak tahun 2008 sekolah itu menghentikan aktivitasnya. Namun, di halaman sekolah tampak beberapa sepeda motor diparkir.

Di salah satu sisi dinding bangunan, juga tertulis nama seseorang beserta nomor handphone-nya. TubasMedia.Com pun mencoba menghubungi nomor tersebut, namun tidak aktif.

Menurut informasi warga sekitar, nama tersebut adalah nama salah seorang guru di SMP Negeri 3 Kesugihan dan berinisial Isk. Hampir setiap hari dia berada di sekolah tersebut menerima pembuatan ijazah aspal.

Dengan menggunakan contoh serta nomor ijazah para siswa yang dulu pernah menuntut ilmu di sekolah tersebut, TubasMedia.Com akhirnya mendapatkan contoh ijazah palsu hasil karya Isk. Sepintas ijazah tersebut tampak asli, namun jika dicermati di beberapa bagian ijazah terdapat banyak perbedaan dengan ijazah yang benar-benar asli.

Berpura-pura menjadi pemesan ijazah palsu TubasMedia.Com berhasil bertemu dengan Isk, dan memesan satu ijazah SMA dengan harga Rp 2 juta. Dari perbincangan Isk mengaku sudah melakoni bisnis pemalsuan ijazah, sejak SMP-SMA Jenderal Soedirman tutup pada tahun 2008. (estanto)

Exit mobile version