Orang Indonesia suka Utang ?

ilustrasi

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Orang Indonesia suka utang. Buktinya ? Utang swasta dan Badan Usaha Negara Milik Negara (BUMN) sudah mencapai jumlah kelewat besar sekitar 162 miliar dollar AS.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo , Kamis (7/5/2015) mengungkapkan di mata internasional, Indonesia terkenal sebagai negara yang suka mengajukan utang. “Indonesia memiliki ciri khas sebuah negara dan perusahaan-perusahaanya memiliki utang dalam valuta asing dalam jumlah yang besar,” kata Agus.

Saat ini Agus, tambah Agus utang swasta dan BUMN sudah mencapai angka 162 miliar dollar AS. Padahal pada tahun 2009 lalu, utang swasta dan BUMN hanya 20 miliar dollar AS. Jumalh itu mengkhawatirkan karena sebagain besar utang swasta dan BUMN itu sebagai utang jangka pendek. Sekitar 74 persen dari utang itu tidak dilakukan lindung nilai atau hedging.

Dampak buruknya, jika nilai tukar rupiah terus merosot dan dollar semakin perkasa, maka angka utang bisa terkena dampak fluktuasi mata uang. Kondisi tersebut membuat Agus teringat dengan situasi 1998 lalu. (siswoyo)

Berita Terkait