Paket Khusus Dari Lombok Utara di TMII

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Anjungan Nusa Tenggara Barat (ANTB) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta menggelar paket khusus dari Kabupaten Lombok Utara dengan menampilkan tarian “Babar Layar”, pameran produk unggulan daerah dan bazaar pameran kerajinan. Hadir pada kesempatan itu Gubernur NTB, H.M. Zainul Majdi dan Bupati Lombok Utara H. Djohan Sjamsu.

Menurut Kepala ANTB Syarir Rohman tarian Babar Layar merupakan sebuah tari ritual dalam salah satu tradisi masyarakat Sasak di Dayan Gunung Kabupaten Lombok Utara Provinsi NTB. Tari Babar Layar biasanya digelar ketika rembulan purnama sidhi perlahan merambat ke pusat langit, memancarkan sinarnya yang lembut membelai alam semesta menyeruak di sela-sela rimbunnya dedaunan.

Saat alam menyuguhkan keindahan seperti itulah, mereka mengenang sembari memberikan penghormatan kepada arwah para leluhur yang merupakan cikal bakal dan pemimpin mereka di masa lalu dan kali ini tampil dalam ramuan Tari dan Rantok.

Babar mengandung dua makna yakni membuka, membentangkan dan menghampiri dengan berani tanpa ada rasa takut atau pun ragu-ragu. Suasana malam yang syahdu, dan khidmat, namun penuh kegembiraan. Dinamika kehidupan yang menggelora berujung pada keheningan yang nikmat, kenikmatan yang terbebas dari rasa sedih dan rasa senang.

Hidup dan kematian adalah sebuah keniscayaan yang tak terelakkan, dan sadar akan hal ini membuat mereka tidak takut menyambut tibanya kematian. “Bila saatnya tiba persiapkan dirimu, segera bentangkan layar dan hampiri dia dengan penuh keberanian,” kata Syarir Roman kepada Tubas di ruang kerjanya. (gunawan)

Berita Terkait

Komentar

Komentar