Panen Sayur dan Ikan Lele di Desa Girimoyo, Malang

Laporan : Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

MALANG, (TubasMedia.Com) – Gubernur Jawa Timur Soekarwo atau akrab disapa Pakde Karwo, bersama Bupati Malang Rendra Kresna, melaksanakan panen sayuran dan ikan lele di Kebun Benih Desa di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Desa Girimoyo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang, baru-baru ini.

Pakde Karwo memuji warga Girimoyo karena bersemangat dalam memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya. Hal tersebut bisa menghemat uang belanja warga antara Rp 7.500 hingga Rp 15.000 per hari. “Dengan begitu, maka dampak kenaikan harga BBM tidak dirasakan terlalu banyak. Sebab untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga bisa mengambil hasilnya dari pekarangan rumah mereka sendiri,” katanya.

Pakde juga menyosialisasikan dana kredit lunak lewat Bank Usaha Menengah Kecil Mandiri (UMKM) Jawa Timur, dengan syarat yang mudah sekali, yaitu hanya dengan menyetor fotokopi KTP bisa mendapatkan pinjaman sebesar Rp 2,5 juta, dengan suku bunga 0,5 persen tiap bulan. “Dengan adanya Bank UMKM ini kita lawan bank yang bunganya sangat besar, karena Bank UMKM ini tanpa angunan,” katanya.

Bupati Malang Rendra Kresna menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui programnya Pakde Karwo ini. “Dengan adanya program-program Pemprov Jatim khususnya masyarakat Kabupaten Malang sangat terbantu. Hal ini bisa kita saksikan saat ini. Warga Desa Girimoyo dengan program KRPL sudah bisa memanfatkan hasilnya, dan tentunya hal ini bisa meningkatkan kesejahteraan taraf ekonomi masyarakat,” kata Bung Rendra sapaan akrab Bupati Malang.

Selain panen bersama, Pakde Karwo memberikan bantuan secara simbolis senilai Rp 16 miliar untuk warga Jawa Timur. Bantuan itu untuk lumbung pangan masyarakat, kantin sekolah, posyandu, beras cerdas, alat pengolahan untuk kawasan agropolitan, penguatan kelembagaan distribusi pangan, serta bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu di Desa Girimoyo. (yusron)

Berita Terkait

Komentar

Komentar