Pangsa Pasar Tekstil Indonesia Hanya Dua Persen dari Pasar Dunia

IMG_6222.jpg2

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Direktur Jenderal Industri Kimia, Tekstil dan Aneka (IKTA), Kementerian Perindustrian, Achmad Sigit Dwiwahjono mengatakan, kinerja ekspor industri TPT (tekstil dan produk tekstil) nasional selama lima tahun terakhir mengalami pertumbuhan rata-rata 2,28 persen dengan nilai ekspor pada tahun 2015 mencapai USD 12,28 miliar.

Kinerja ini masih lebih baik jika dibandingkan kinerja ekspor nasional sekitar 4,69 persen dan ekspor non migas sebesar 8,92 persen. “Hal ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras pemerintah bersama seluruh pelaku industri TPT dalam negeri untuk bisa tetap bertahan menghadapi persaingan global yang semakin tajam,” ujar Sigit di Jakarta kemarin.

Menurutnya, prospek pertumbuhan industri TPT nasional semakin baik pada masa mendatang karena permintaan pasar di dalam negeri yang terus melonjak serta meningkatnya konsumsi dunia.

’’Apalagi, pangsa pasar industri tekstil Indonesia hanya dua persen dari pasar tekstil dunia, sehingga membuka peluang besar untuk memperluas pasar industri TPT nasional di pasar dunia,’’katanya.

“Peluang pasar ekspor tersebut terbuka bagi industri TPT nasional yang mampu menghasilkan produk dengan kualitas tinggi, desain yang up to date dan kemampuan pasok yang cepat,” tambah Sigit. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar