Parade Tari Nusantara Lestarikan Budaya Bangsa

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

SERAHKAN HADIAH - Direktur Utama TMII Sugiono saat menyerahkan hadiah kepada perwakilan NTT sebagai pemenang Parade Tari Nusantara.(tubas/gunawan)

JAKARTA, (Tubas) – Sebagai upaya melaksanakan misi melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai miniatur Indonesia yang kaya dengan seni dan budaya. Pengelola TMII belum lama ini mengadakan pagelaran Parade Tari Nusantara (PTN).

Direktur Utama TMII Sugiono dalam sambutannya mengatakan peringatan HUT TMII ke-36 lalu telah diterbitkan SK Kemenbudpar yang menetapkan TMII sebagai “Lembaga Pelestarian Budaya Indonesia”. Hal itu semakin memacu semangat dan membuka peluang seluruh pihak untuk berperanserta menyemarakkan kegiatan budaya di TMII.

Untuk itu, tambah Sugiono dukungan Pemerintah pusat melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Dalam Negeri serta Komunikasi dan Informasi sangat diperlukan agar penyelenggaraan Parade Tari Nusantara TMII lebih dapat ditingkatkan.

Parade Tari Nusantara (PTN) Taman Mini Indonesia Indah merupakan bagian dari upaya TMII dalam melaksanakan misi untuk melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa. Sebuah prestasi membanggakan karena selama 29 tahun kegiatan ini dapat terlaksana secara berkesinambungan dan selalu disambut antuasias para seniman tari di seluruh tanah air.

“Kita wajib bersyukur selama kurun waktu yang cukup lama, TMII tetap dapat menyelenggarakan kegiatan berskala nasional, bahkan dijadikan salah satu tolok ukur perkembangan kesenian kesenian daerah, khususnya seni tari” pintanya.

Melalui kegiatan ini kurang lebih 730 karya tari daerah kreasi baru telah hadir. Hal ini tentu saja berkat dukungan dan kerjasama berbagai pihak, khususnya pemerintah daerah yang telah serius mempersiapkan dan mengirimkan karya seni terbaiknya dalam forum kompetisi tari tingkat nasional ini. (gunawan)

Berita Terkait

Komentar

Komentar