Pariwisata Pilar Ekonomi Jawa Barat

Laporan : Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

BANDUNG, (Tubas) – Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyatakan kelak pariwisata harus bisa menjadi salah satu pilar ekonomi Jawa Barat. Pemasukan pendapatan dari sektor pariwisata harus bisa mendongkrak perekonomian masyarakat Jawa Barat. Apalagi kawasan Jawa Barat memiliki sejumlah potensi wisata yang lebih indah dari lokasi mana pun di Indonesia. Hanya saja, untuk menarik minat turis, khususnya dari mancanegara, perlu pembenahan dan penataan, baik dari sisi infrastruktur maupun paket wisata yang disuguhkan.

Di Negara Mesir dan Maroko, pariwisata menjadi komponen terbesar pemasukan devisa bagi negara tersebut. “Pembenahan infrastruktur dan penataan wisata menjadi faktor utama yang akan mendukung eksistensi pariwisata. Hal itu menjadi perhatian utama agar pariwisata di Jawa Barat dapat berkembang pesat dan menjadi lokomotif perekonomian di Jawa Barat. Apalagi potensi pariwisata di wilayah Jawa Barat, memiliki daya tarik yang tidak jauh beda dengan Bali,” tegas Heryawan usai menerima tiga Duta Besar Georgios Veis dari Yunani, Mohamed Majdi (Maroko), dan Abdelkarim Belarbi (Alzajair), di Gedung Pakuan, Bandung pekan lalu.

Heryawan menyatakan hasil pertemuannya dengan ketiga duta besar yang berkunjung ke Jawa Barat mereka sangat tertarik dengan potensi pariwisata di Jawa Barat. Mereka juga menganggap kekayaan pariwisata alam di Jawa Barat tidak jauh berbeda dengan pariwisata yang ada di Bali saat ini. Menurut dia, ketiga duta besar itu memiliki pengetahuan dan referensi yang lumayan tentang keberadaan potensi wisata di Jawa Barat. Dia mencontohkan, Tangkuban Perahu, Kawah Putih, pemandian air panas, dan Laut Selatan menjadi salah satu daya tarik wisata di Jawa Barat yang sudah dikenal mereka. (damanik)

Berita Terkait

Komentar

Komentar