Pasar Sedan Tergerus

kia-siap-luncurkan-sedan-baru-20121010175100

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Selain karena harganya lebih mahal dibandingkan dengan segmen lain, penjualan sedan kian tergerus karena model mobil tersebut di Indonesia kurang menarik. Namun, beberapa agen pemegang merek tetap bertahan menghadirkannya di pasar Tanah Air, karena sedan diklaim penuh gengsi.

Di Indonesia, sedan kalah pamor dengan segmen macam multi purpose vehicle (MPV), atau sport utility vehicle (SUV). Sebabnya, daya tampung penumpang sedan lebih sedikit ketimbang kedua model tersebut.

Di sisi lain, sedan pun tidak seserbaguna SUV dan MPV dalam hal daya angkut. Selain itu, SUV dan MPV dinilai lebih tangguh dalam mengarungi medan jalan yang kurang mulus.

Harga sedan pun relatif lebih mahal karena dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 41/2013 tentang barang kena pajak yang tergolong mewah berupa kendaraan bermotor yang dikenai PPnBM, pajak terendah sebesar 30% untuk sedan dengan kapasitas mesin 1.500 cc ke bawah.

Padahal segmen lain dengan kapasitas dapur pacu di bawah 3.000 cc dikenai pajak di bawah 30%. Meski demikian, sedan melambangkan prestise. Segmen ini dipertahankan agen pemegang merek (APM), untuk menyasar konsumen golongan menengah ke atas yang tergiur dengan stigma mewah dan kenyamanan khas sedan.

Saat ini Honda bisa dikatakan menjadi salah satu pemain dominan di segmen ini. Pada periode Januari-Mei 2015 penjualan sedan Honda mencapai 2.018 unit.

Jumlah itu menanjak drastis dari capaian pada periode yang sama tahun lalu sebanyak 1.384 unit. Pada 2014, jumlah penjualan sedan Honda mencapai 3.127 unit. Honda pun menjadi merek dengan pemain di empat segmen sedan yang berbeda.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM Jonfis Fandy menilai, saat ini pasar sedan semakin terjepit segmen lain. Kontribusinya terhadap total pasar mobil hanya di kisaran 1%-2%.

Di kelas mobil lima penumpang sedan mendapatkan tantangan seperti dari segmen hatchback dan city car dengan harga relatif lebih murah. Baru-baru ini di kelas lima penumpang hadir pula segmen cross over yang semakin mengganggu laju sedan.

HPM sendiri mempunyai HR-V yang dari segi ketangguhan melebihi sedan. Segmen-segmen tersebut lebih digandrungi kaum muda dengan tingkat ekonomi yang sudah mapan.
(sabar)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar