PDAM Mual Natio Mampu Layani 16 Ribu Pelanggan

TARUTUNG, (tubasmedia.com) – Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui konsultan Budi mengungkapkan, sumber air berlimpah yang dikelola PDAM Mual Natio memiliki kuantitas pelayanan hingga 16 ribu pelanggan di wilayah Tapanuli Utara.

“Sumber air berlimpah dan berkualitas yang dikelola PDAM Mual Natio mampu melayani hingga 16 ribu pelanggan,” ujar Budi, Senin (6/11), di Tarutung.

Kesimpulan tersebut menjadi hasil kunjungan lapangan yang dilakukan pihaknya atas sejumlah sumber air dan sejumlah titik-titik pendistribusian.

Menurutnya, bila saja faktor kehilangan air yang mencapai 44,29 persen, dapat diatasi. Maka, keluhan pelanggan soal pendistribusian yang tidak lancar, akan terjawab. Itu merupakan hasil penelusuran akan kendala pendistribuan air dengan menggunakan alat canggih Water Leak Corelator dan Water Leak Detektor.

Kata Budi, disinyalir terjadi kebocoran pada pipa-pipa pendistribusian yang telah termakan usia yang menjadi penyebab utama timbulnya kehilangan air hingga 44 persen lebih. “Makanya, perlu dilakukan upaya pembenahan dari proses produksi, distribusi, dan pembacaan meteran sebelum diunggah untuk tujuan perbaikan fisik,” sebutnya.

Sebelumnya, Direktur PDAM Mual Natio Lamtagon Manalu mengatakan, saat ini jumlah total pelanggan yang menerima pendistribusian air bersih dari perusahaan tersebut tercatat sebanyak 10.200 pelanggan. Angka tersebut merupakan hasil peningkatan jumlah pelanggan yang hanya sekitar 7.500 pelanggan pada 2014 lalu. (toni)

Berita Terkait

Komentar

Komentar