PDS HB Jassin Sudah Diperbaiki

Laporan : Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Perhatian Pemprov DKI terhadap khazanah kebudayaan Indonesia, termasuk kepada Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin, di Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya, Jakarta Pusat, tidak perlu diragukan lagi. Bahkan, pada 2007 lalu, Pemprov DKI telah memugar gedung tersebut, karena beberapa bagian bangunan yang telah rusak.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengaku sebelumnya gedung PDS HB Jassin telah dipugar saat dirinya mulai menjabat sebagai gubernur. Namun dengan pemugaran yang dilakukan terjadi kekeliruan persepsi dengan pemotongan dana hibah. “Setelah diperbaiki kini kondisinya sudah tidak bocor lagi. Bayangkan jika dokumentasi seperti itu kebocoran,” kata Fauzi, di Balaikota, Senin (28/3).

Menurutnya, terjadi kekeliruan persepsi, setelah adanya penggabungan antara Dinas Kebudayaan dan Dinas Pariwisata di Pemprov DKI, sehingga dianggap setelah diperbaiki bantuan operasionalnya tidak diperlukan lagi. “Setelah fisiknya diperbaiki, kemudian operasionalnya dianggap tidak dibutuhkan lagi dan itu dikecilkan. Ini yang akan kita koreksi,” tambahnya.

Dikatakannya, antara perbaikan infrastruktur dan dana operasional adalah dua hal yang berbeda. Untuk itu, kelangsungan PDS HB Jassin tetap harus didukung oleh Pemprov DKI Jakarta. “Dulu, perbaikan gedung tidak setiap tahun. Pada saat bocor, baru diperbaiki. Termasuk yang enterence-nya. Itu sudah bagus,” ujarnya.

Sementara terkait pengindukan PDS HB Jassin yang saat ini berada di bawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, masih dalam pengkajian. Bisa saja dapat dikoordinasikan dengan Badan Perpustakaan dan Arsip DKI. Namun di PDS HB Jassin juga masih ada pengelola profesional dan dapat dijadikan sebagai pengelola harian. ***

Berita Terkait

Komentar

Komentar