Pelajar Purbalingga Wakili Jateng Festival LSSN di Medan

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

PURBALINGGA, (TubasMedia.Com) – Tiga orang pelajar dari Purbalingga akan mewakili Provinsi Jawa Tengah pada Festival Lomba Seni Siswa Tingkat Nasional (LSSN) di Medan, 16 – 23 Juni 2013. Dua diantaranya mengikuti lomba tari berpasangan dan seorang mengikuti lomba poster.

Rayi Utami Ningrum dan Ayu Puji Lestari dari SMAN 1 Purbalingga, akan membawakan tarian ‘Pringgetan’. Sedang Angger Putra Tanjung dari SMAN Rembang akan mengikuti lomba poster. Ketiga pelajar tersebut telah meraih juara I pada kategori masing-masing pada festival serupa tingkat Jateng beberapa waktu lalu.

Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko menyampaikan ucapan selamat atas prestasi mereka yang telah berhasil meraih juara lomba tari berpasangan dan lomba poster tingkat Provinsi Jateng. “Jika mampu meraih kejuaraan di tingkat nasional, tentu kita patut bersyukur, namun jika tidak meraih kejuaraan, jadikanlah itu sebagai pengalaman dan motivasi. Teruslah belajar untuk bekal masa depan,” kata Heru.

Guru Pembina seni SMA 1 Purbalingga, Irna Susanti mengungkapkan, tarian yang akan dibawakan merupakan karya Susi dari sanggar Wisanggeni Purbalingga. Tarian itu merupakan kreasi lokal yang bercirikhas Banyumasan. Tarian ‘Pringgetan’ berdurasi 6 menit 58 detik mengisahkan tentang gadis di desa yang ceria bermain kentongan.

“Pringgetan ini berasal dari kata pring yang artinya bambu dan singgetan yang artinya gerak peralihan dari tari Banyumasan,” katanya.

Sementara, Angger mengungkapkan, pada lomba poster tingkat Jateng dirinya mengangkat tema ‘Pergaulan Bebas’ yang di gambar dalam bentuk wayang beber. “Untuk lomba tingkat nasional, kami belum tahu temanya, karena biasanya tema akan diberikan satu jam sebelum acara lomba dimulai,” ujar Angger. (joko suharyanto)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar