Pelapor Kecewa Sama Polisi, Roy Suryo Tidak Ditahan, Kenapa?

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Polda Metro Jaya memutuskan tidak menahan Roy Suryo dalam kasus penistaan agama dalam meme stupa Candi Borobudur. Padahal, Roy Suryo telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Ketua Umum Dharmapala Nusantara, Kevin Wu, sebagai pelapor merasa kecewa hingga menyinggung isu penistaan agama lain. Kevin menyayangkan polisi tidak memperlakukan Roy Suryo seperti kepada tersangka kasus-kasus penistaan agama serupa.

“Beberapa umat anggota kami tentu merasa kecewa. Merasa ada bentuk ketidaksamaan dalam perlakuan kasus yang sama misalnya kita sudah prosedurnya, sudah punya contoh dimana kasus penistaan agama lain itu kan sifatnya dari pihak kepolisian lebih tegas menindak tersangkanya,” kata Kevin saat dihubungi, Jumat (29/7).

Kevin lantas membandingkan kasus Roy Suryo dengan kasus Holywings terkait promosi minuman keras ‘Muhammad’ dan ‘Maria’. Selain itu, dia menyinggung kasus Ferdinan Hutahaean terkait pernyataan ‘Allahmu Lemah’.

“Yang baru-baru ini kan kasus Holywings misalkan dan kasus Ferdinan Huatahean. Iya dalam kasus penistaan agama lainnya itu kan sikap polisi kan lebih tegas terhadap para tersangka,” kata dia

“Dalam kasus yang kita saksikan bersama, beberapa kasus terakhir itu tersangka langsung ditahan. Ini yang mungkin saya rasa sebagai manusia beberapa anggota atau umat Buddha merasa kecewalah terkait hal itu,” ucapnya.

Kendati demikian, Kevin mengapresiasi pihak kepolisian yang dalam hal ini sudah menyampaikan progres terkait status tersangka Roy Suryo.

“Sampai sejauh itu kami tetap mengapresiasi pihak penyidik Polda, bahwa kasus ini ditanggapi dan telah ada progres. Kita memahami bahwa bentuk penahanan ini sepenuhnya kewenangan pihak kepolisian,” tuturnya.

Alasan PolisiPolisi tak menahan Roy Suryo seusai pemeriksaan tersangka kasus meme stupa Borobudur. Polisi mengungkapkan Roy Suryo tidak ditahan karena ada beberapa pertimbangan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan penahanan adalah subjektivitas penyidik. Penyidik tidak menahan Roy Suryo karena dinilai tidak akan menghilangkan barang bukti, tidak akan kabur dan tidak akan mengulangi perbuatannya.

“Iya (karena tiga hal tersebut). Kemudian, atas pertimbangan penyidik, penyidik tidak melakukan penahan terhadap Roy Suryo. Jadi dianggap tidak perlu dilakukan penahanan saat ini,” kata Zulpan di Polda Metro Jaya.

Kendati demikian, Zulpan menjelaskan kasus tersebut masih berjalan dan berkas kasus masih dilengkapi. Segera setelah berkas lengkap, kasus akan dilimpahkan ke kejaksaan.

“Kasus ini tetap berjalan dan berproses karena ini sudah naik sidik dan juga penetapan tersangka, tentunya tugas penyidik adalah melengkapi berkas perkara ini, dengan melengkapi keterangan yang lain yang masih dibutuhkan dalam rangka pemberkasan. Secepat mungkin, kalau sudah lengkap, tentunya akan kita limpahkan ke kejaksaan,” jelasnya.

Polisi telah menetapkan Roy Suryo sebagai tersangka dalam kasus meme stupa Candi Borobudur yang dimiripkan dengan wajah Presiden Joko Widodo. Roy Suryo dijerat dengan pasal ujaran kebencian bernuansa SARA hingga penistaan agama.(sabar)

Berita Terkait