Pemanfaatan Pekarangan Rumah untuk Pertanian Perkotaan

Laporan: Redaksi

ilustrasi

CIMAHI, (TubasMedia.Com) – Ketua Dharma Pertiwi Daerah C Ny. Hartini Sonny Widjaja mengatakan jumlah penduduk di perkotaan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang berakibat terhadap terganggunya keseimbangan lingkungan hidup dan pesatnya pertumbuhan pemukiman, dimana lahan produktif semakin terdesak oleh hunian perkotaan.

Terdesaknya lahan produktif juga berimplikasi terhadap masalah minimnya ketersediaan pangan. Menghadapi kondisi ini peran pertanian perkotaan yang mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan rumah tinggal dan limbah perkotaan menjadi penting.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dharma Pertiwi Daerah C pada acara Training of Trainer (TOT) Pertanian Perkotaan yang diselenggarakan di Aula Kodim 0609/Kab Bandung Jalan Gatot Subroto Kota Cimahi, Selasa.

TOT Pertanian Perkotaan dilaksanakan selama satu hari diikuti oleh 130 peserta terdiri dari pengurus dan anggota Dharma Pertiwi sejajaran Daerah C serta Persit Kartika Chandra Kirana di lingkungan Pengurus Daerah III/Siliwangi.

Ketua Dharma Pertiwi Daerah C dalam siaran pers yan diterima redaksi mengungkapkan lahan pekarangan di sekitar rumah dapat memberikan manfaat bagi pemiliknya apabila dimanfaatkan dengan baik. Dengan pemanfaatan pekarangan suasana akan terlihat lebih hijau dan asri, dapat juga digunakan untuk menyalurkan hobi bercocok tanam.

Selain itu menurut Ny. Hartini hasil dari pemanfaatan pekarangan dapat digunakan untuk pemenuhan gizi keluarga dan dapat digunakan untuk usaha produktif yang memberikan keuntungan ekonomi. (sabar)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.