Pemantapan Infrastruktur Menuju Ekonomi Daerah Kebumen yang Kuat

Untitled

KEBUMEN, (tubasmedia.com) – Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemantapan infrastruktur, adalah target dan prioritas pembangunan yang disesuaikan dengan tema pembangunan tahun 2016 oleh pemerintah Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Dalam rapat Paripurna DPRD Kebumen yang berlangsung belum lama yang dibacakan pjs. Bupati Kebumen, Drs Arif Irwanto M.Si tentang sasaran ekonomi, yang harus dicapai tahun 2016 yaitu pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan 6,6 persen, inflasi ditargetkan pada kisaran 3-5 persen, pengurangan jumlah penduduk miskin sampai berkisar antara 9 sampai dengan 10 persen dan tingkat pengangguran terbuka di perkirakan sebesar 5,2 sampai 5,5 persen.

Ditambahkan, arah kebijakan yang akan ditempuh dalam mewujudkan dalam APBD tahun 2016 meliputi mewujudkan perekonomian daerah yang semakin kuat dan berkualitas, berbasis pada ekonomi kerakyatan potensi sektor unggulan daerah berfokus pada organisasi, pariwisata, jasa perdagangan, perikanan dan kelautan dengan tetap memperhatikan budaya dan kearifan lokal,satu claster usaha tingkat pedesaan dalam rangka daya saing dan masa depan daerah kabupaten Kebumen.

Bahwa target pendapatan daerah tahun anggaran 2016 yaitu pendapatan asli daerah Rp 216.524.649,00,- dana perimbangan Rp. 1.368.672.325.000 dan pendapatan daerah lainya Rp 629.533.004.000.

Dengan demikian, volume pendapatan daerah tahun 2016 Rp 2.214.729.978.000,-maka utamanya pendapatan asli daerah di sesuaikan dengan potensi dan dasar hukum pemungutannya,sedangkan dana perimbangan karena alokasi definitif belum terbit maka besarannya merupakan asumsi berdasarkan yang rasional.

Seiring dengan tuntunan kinerja pelayanan publik dan prinsip tata kelola yang baik juga telah diterapkan standar ekstansi pemerintahan yang berbasis aktual dan di alokasikanya tambahan penghasilan kepada PNSD dengan formula yang lebih terukur sesuai jenjang,guna mendorong semangat dan kinerja berokrasi.(ahmad)

Berita Terkait

Komentar

Komentar