Pembangunan Sejumlah Proyek Infrastruktur di Sumut Diresmikan

270115-nas

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Peletakan batu pertama pembangunan sejumlah proyek infrastruktur di Provinsi Sumatera Utara diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa (27/1/2015) siang.

Setibanya di Lanud Soewondo, Medan, Presiden Jokowi langsung menuju Pelabuhan Kualatanjung dan di sana disambut oleh Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho. Di lokasi itu, Presiden melakukan pemancangan tiang pembangunan terminal serba-guna.
Presiden juga melakukan teleconference tentang perkembangan pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai, terutama pengerukan tanah dengan eskavator, sebagaimana dipetik dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa pagi.

Proyek-proyek, yang peletakan batu pertamanya akan dilakukan secara simbolis oleh Presiden Jokowi, merupakan proyek Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Proyek-proyek itu, Terminal Multipurpose PT Pelindo I (Perseo), Kuala Tanjung; Diversifikasi Produk dan Pengembangan Pabrik Peleburan Alumunium PT Inalum (Persero), Kuala Tanjung; Pabrik Minyak Goreng PTPN III (Persero), Sei Mangkei; Gardu Induk PLN, Sei Mangkei; dan Jalan Tol Medan-Binjai, Jalan Binjai, Desa Megawati.

Pelabuhan Kualatanjung memiliki panjang dermaga 400 m, dengan panjang trestle 2,7 km, dan tangki timbun kapasitas 145.000 ton. Sedang kapasitas container yard 400.000 TEUs.

Presiden Jokowi dan rombongan dijadwalkan menuju Kabupaten Asahan, ke lokasi PT. Inalum untuk meletakkan batu pertama proyek-proyek infrastruktur di Kuala Tanjung dan di Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, serta di Kabupaten Binjai, Sumatera Utara.
Jokowi juga dijadwalkan melanjutkan kunjungan kerja ke Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Kabupaten Simalungun. (ender)

Berita Terkait

Komentar

Komentar