Pembebasan Lahan Penghubung Tol Cisumdawa-BIJB Bisa Dilakukan Awal 2019

TASIKMALAYA, (tubasmedia.com)- Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat (Sekda Jabar), Iwa Karniwa mengatakan Pemprov Jabar segera mengajukan biaya pembebasan lahan pembangunan akses penghubung dari Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) ke Kertajati. Biaya yang akan diajukan sekitar Rp 60 miliar.

Jalan ini akan menghubungkan ujung Tol Cisumdawu di Dawuan dengan Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati.

“Sudah bisa dialokasikan, sehingga Cisumdawu bisa nyambung ke Kertajati. Sementara pembangunan jalannya akan dilakukan Kementerian PUPR,’’  kata Iwa pada wartawan di Bandung, Senin (27/8).

Iwa mengatakan proses pembebasan lahan sudah bisa dilakukan sehingga pada Januari 2019 pihaknya tinggal melakukan pembayaran sehingga pada akhir 2019, pembangunan jalan akses ini bisa bersamaan selesai dengan pembangunan Tol Cisumdawu.

Iwa mengatakan semua pembangunan infrastruktur di Jawa Barat harus terintegrasi sehingga bermanfaat secara maksimal bagi masyarakat.

Iwa mengatakan proyek Tol Cisumdawu diharapkan bisa meningkatkan efektifitas Bandara Kertajati. Tol ini juga diharapkan bisa meningkatkan arus barang dan orang dari Bandung-Cirebon dengan waktu tempuh maksimal satu jam atau bahkan Bandung-Kertajati bisa ditempuh dalam waktu 45 menit. (mik)

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar