Pemerintah Harus Cegah HP Impor Ilegal

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

JAKARTA, (TubasMedia.Com) – Menteri Perindustrian MS Hidayat menyatakan maraknya Handphone (HP) ilegal di dalam negeri membuat pihaknya perlu meyakinkan calon investor yang akan membangun pabrik Indonesia. Jika pemerintah tak bisa meyakinkan investor, maka tak akan ada investor yang mau membangun pabrik di Indonesia

Hidayat mengatakan, pihaknya akan menjelaskan kepada calon investor HP bahwa pemerintah bisa menanggulangi maraknya HP ilegal yang beredar saat ini. Para investor takut karena harus bersaing dengan barang ilegal (black market) yang tak membayar pajak dan harga yang miring.

“Kalau ada investasi di bidang itu, gadget, di sektor itu, maka permintaan mereka kita jelaskan kalau Indonesia bisa menanggulangi ilegal impor karena itu (ilegal impor) unfair,” kata Hidayat saat ditemui disela-sela acara Rapat Kerja Kementerian Perindustrian, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Ia menambahkan, pihaknya akan terus meningkatkan investor asing untuk bisa menanamkan investasinya di Indonesia. “Pemerintah harus bisa meyakinkan itu karena kalau nggak, itu nggak ada yang mau investasi di bidang itu,” kata Hidayat.

Saat ini investor HP yang sudah komitmen masuk Indonesia, adalah perusahaan pembuat komponen iPhone dan iPad asal Taiwan, Foxconn. Foxconn rencananya akan membangun pabrik HP tahun ini juga dengan menggandeng mitra lokal Agung Sedayu. (sabar)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar