Pemerintah Singapura Rombak Kabinet

Laporan: Redaksi

Lee Hsien Loong, PM Singapura

Lee Hsien Loong, PM Singapura

SINGAPURA, (Tubas) – Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengumumkan perubahan kabinetnya, Rabu (18/5), setelah hasil pemilu terburuk atas partai berkuasa di negara itu. Sumber VOA menyebutkan, satu perubahan yang sangat dramatis, adalah penghapusan nama mantan perdana menteri Lee Kuan Yew serta Goh Cok Tong, dari kabinet. Lee Kuan Yew yang berusia 87 tahun adalah Bapak Bangsa, perdana menteri pertama sejak Singapura memperoleh hak pemerintahan sendiri pada 1959.

Wartawan tubasmedia.com, Bambang Sutiyono melaporkan dari Singapura, perubahan lainnya adalah pengangkatan Menteri Keuangan Tharman Shanmugaratman sebagai wakil perdana menteri. Tharman yang masih menjabat sebagai Menteri Keuangan, juga diserahi tugas menangani Kementerian Tenaga Kerja. Menteri Hukum K. Shanmugam juga akan menjabat sebagai Menteri Luar Negeri menggantikan George Yeo, yang kehilangan kursi parlemennya pada pemilu 7 Mei lalu.

Partai Aksi Rakyat yang dimotori Lee Kuan Yew telah memerintah di Singapura selama lima dekade, memenangkan 81 dari 87 kursi dalam pemilu, namun dalam pemilu yang lalu hanya berhasil merebut 60,1 persen suara. Para pemilih tampaknya merasa tidak puas dengan upah yang menurun dan biaya hidup yang meningkat. ***

Berita Terkait

Komentar

Komentar