Pemkab Humbahas Benahi Embung

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Dinas PUPR bantu masyarakat Sosor Niapoan Desa Lobutolong Kecamatan Paranginan membenahi Embung Tambok Bolon seluas kurang lebih 10 ha untuk kebutuhan air bagi pertanian di daerah itu. Bantuan Pemkab tersebut berupa pengerahan dua unit alat berat berupa excavator dan dozer

Hal itu disampaikan Kepala Desa Lobutolong, Tomson Sianturi kepada tubasmedia.com di Paranginan, Selasa 13/4. Dia menjelaskan, bantuan itu datang atas usulan masyarakat Desa Lobutolong yang disampaikan kepada Camat Paranginan dan diteruskan ke Dinas terkait

‘’Kami beterimakasih kepada Bupati yang telah memenuhi permintaan kami. Akibat bantuan itu, kebutuhan air ratusan hektare pesawahan dan ladang masyarakat, akan tercukupi. Tidak hanya bagi masyarakat Lobutolong, masyarakat Desa Sihar Julu juga akan merasakan dampaknya,’’ kata Tomson.

Saat ini Kecamatan Paranginan telah memiliki dua  Embung yang cukup luas yaitu di Desa Paranginan Selatan dan Desa Lobutolong Habinsaran ditambah satu lagi yang sedang dibenahi. “Diperkirakan debit airnya cukup membutuhi kebutuhan di daerah ini,” terang mantan Ka UPT air bersih ini menjelaskan.

Pengamatan tubasmedia.com di lapangan, pemanfaatan Embung yang sangat luas itu masih sebatas keperluan sawah dan tanaman lain. Padahal bila Embung dimanfaatkan kelompok tani membudidayakan ikan, sangat besar manfaatnya meningkatkan ekonomi masyarakat. Namun dari keterangan masyarakat belum ada kesepahaman masyarakat menyoal pemanfaatan Embung itu.(edison ompusunggu)

Berita Terkait

Komentar

Komentar