Pemkab Humbahas Fokus Pada Pengembangan SDM

Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor (tiga dari kiri) fo0 bersama pimpinan dan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara saat kunker ke Doloksanggul. -tubasmedia.com/edison ompusunggu

 

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor mengatakan, Pemerintah Kabupaten Humbahas fokus pada pengembangan SDM di bidang pendidikan.

Hal ini disampaikan pada Kunjungan Kerja Pimpinan dan Anggota DPRD Sumatera Utara diantaranya Koordinator Rahmansyah Sibarani, Ketua Viktor Silaen, SE, MM, Pantur Banjarnahor, Jubel Tambunan dan Irwan Simamora, SH bersama tim dari Sekretariat DPRDSU, Kamis 23/6 di Doloksanggul Kabupaten Humbahas.

Dosmar Banjarnahor, pada kesempatan itu mengaku senang atas Kunker Pimpinan dan  anggota DPRD Propinsi Sumut ke daerah yang dia pimpin dan  tentu untuk menampung aspirasi masyarakat Humbahas untuk dibawa dan dibahas di tingkat provinsi.

Menurut Dosmar, Pemerintah Kabupaten Humbahas saat ini fokus untuk meningkatkan SDM melalui sektor pendidikan sehingga ke depan semua sektor akan bisa ditingkatkan, seperti sektor pertanian, kesehatan dan lainnya.

“Pemkab Humbang Hasundutan mengembangkan satu metode pendidikan untuk peningkatan akademis anak-anak sekolah khusus matematika dengan metoda Gasing,’’ katanya.

Dia menyebut bahwa metoda Gasing sudah terbukti berhasil sehingga  tahun 2024 anak-anak SD ditargetkan tidak ada lagi yang tidak bisa berhitung pecahan. Selain peningkatan SDM melalui pendidikan, pemerintah juga mengatasi permasalahan stunting dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Saat ini, kata Dosmar pemerintah Kabupaten Humbahas sudah menangani Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) mulai dari tahun 2016 s/d 2022 sebanyak 8584 unit. Semua ini merupakan gambaran bahwa Pemerintah Kabupaten Humbahas sangat serius dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu Pimpinan DPRDSU, Koordinator Tim, Rahmansyah Sibarani mengapresiasi sambutan dari Pemerintah Kabupaten Humbahas. Menurutnya, kehadiran anggota DPRDSU ke Humbahas adalah untuk bertukar pikiran bagaimana dan apa yang kita lakukan untuk membangun Sumatera Utara dan secara khusus Kabupaten Humbahas.

Pertemuan itu dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab dengan moderator Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP. Pada diskusi itu, Dosmar menjelaskan keberhasilan program dan kegiatan ditentukan 50 persen dalam perencanaan.

“Sudah tiga tahun ini SAKIP Pemkab Humbang Hasundutan memperoleh nilai BB. Memang tidak satu-satunya indicator, tetapi ketika pemeriksaan BPK jauh lebih efisien, pengawasan pun jauh lebih fokus dan temuan pun jauh lebih minim karena sudah diputus hal-hal yang tidak sesuai dengan Visi dan Misi Pemkab Humbang Hasundutan,’’ tambah Dosmar. (edison ompusunggu)

Berita Terkait