Pemkab Humbahas Optimis 1.000 Ha “Food Estate” akan Terealisasi Tahun Ini

MENINJAU- BP.Siahaan Inspektur, Kadis Pertanian Junter Marbun bersama Janter Sinaga sedang meninjau lokasi 1.000 ha food estate di Pollung. -tubasmedia.com/edison oppusunggu

 

DOLOKSANGGUL., (tubasmedia.com) – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo direncanakan akan hadir di Desa Ria-ria Kecamatan  Pollung  Kabupaten Humbang Hasundutan(Humbahas), Jumat 11/9 meninjau lokasi 1.000 ha lahan  food estate di daerah itu.

Demikian  Kepala Dinas Pertanian Humbahas, Junter Marbun  kepada tubasmedia.com  di Pollung, Rabu 9/9.

Junter mengatakan kehadiran Menteri itu adalah untuk meninjau kesiapan lahan food estate dan sekaligus pencanangannya.

“Kita optimis pengolahan lahan .1000 ha akan terealisasi tahun ini,” katanya.

Dia menjelaskan, lahan yang akan dijadikan lokasi food estate berasal dari hutan konsesi Toba Pulp Lestari (TPL) yang telah dibebaskan dan dikembalikan kepada masyarakat Pollung.

Junter Marbun yang didampibgi Asisten 3, Janter Sinaga, Kepala Inspektorat, BP Siahaan dan Kepala  BPKAD, John Harry Marbun mengaku bahwa pihaknya (dinas pertanian) telah mempersiapkan calon petani calon lokasi (CPCL) sekitar 1.000 KK yang akan menjadi petani mitra perusahaan yang bergabung dalam food estate.

Food eatate  merupakan konsep program ketahanan pangan yang dilakukan secara terintegrasi antara investor, pemerintah dan masyarakat. Saat ini sedang dikerjakan tim prasarana dan sarana pertanian (PSP)

“Semuanya telah dibuatkan konsepnya dan lahan yang sudah diolah telah mencapai kurang lebih 50 ha,” kata dia sembari menunjuk hamparan lokasi yang sudah diolah.

Pengembangan food estate di Humbahas tahap awal akan dimulai secara terkonsentrasi di atas lahan 1.000 ha di Kecamatan Pollung dan pada tahun 2023 ditargetkan menjadi 30.000 ha yang menyebar di 10 Kecamatan di Humbahas.

Pemerintah Pusat telah merencanakan  Sumatera Utara akan menjadi Lumbung Pangan (food estate) yang di mulai dari Humbahas berbasis tanaman  holtikultura, dengan melibatkan investor dari  beberapa perusahaan besar yang telah menyatakan kesiapan dan  kesanggupan di antaranya, Indofood, PT Calbe Wings, PT Cham., PT Agro Indo Sejahtera., PT Semangat Tani, PT Karya Tani dan PT Agra Garlika.

Dijelaskan, bibit dan sarana produksi serta pembinaan petani akan dilakukan sesuai  SOP perusahaan itu dan akan  dibuatkan kontrak tentang harga hasil panen dan siap offtaker (hasil ditampung) selanjutnya akan dihitung berapa cost-nya mulai dari bibit hingga pengolahan dan  perawatan sesuai dengan kontrak. Tanaman andalan Humbahas adalah kentang, bawang merah dan bawang putih. (edison ompusunggu)

 

 

 

Berita Terkait

Komentar

Komentar