Pemkab Humbahas Sangat Peduli dengan Penanggulani Bencana Karhutlah

Ket.photo. Dosmar sedang memimpin Apel kesiap siagaan bencana Karhutlah

DOLOKSANGGUL, (tubasmedia.com) – Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) sangat peduli dengan penanggulangan bencana, Kebakaran Hutan dan Lahan (karhutlah) hal itu disampaikan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor pada Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana  Karhutlah Jumat 12/8 di Lapangan Perkantoran Bupati Bukit Inspirasi, Doloksanggul.

Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan bencana Karhutlah ini dihadiri Kapolres Humbang Hasundutan AKBP Achmad Muhaimin, SIK, MH, Kajari Humbang Hasundutan diwakili Kasi Intel Hendra Sinaga, SH, Dandim 0210/TU diwakili Danramil Doloksanggul, Kapt. Inf. BR. Munthe, Sekda Drs. Tonny Sihombing, MIP, pimpinan OPD,Camat dan jajaran kepolisian.

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, namun tidak terlepas dari peran serta seluruh pihak dalam hal setiap penanggulangan bencana apa bila terjadi dalam suatu daerah.

Sesuai UU nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana pasal 3 ayat (2)yang menjelaskan bahwa “prinsip-prinsip dalam penanggulangan bencana harus cepat dan tepat, prioritas, koordinasi dan keterpaduan, berdaya guna dan berhasil guna, transparansi dan akuntabilitas, kemitraan, pemberdayaan, nondiskriminatif.

Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan sangatlah penting mengantisipasi bencana alam Karhutlah,

Sehingga, pada hari ini dilaksanakan apel gabungan lintas sektoral yang merupakan bentuk dukungan percepatan dan ketepatan dalam penanganan bencanayang diharapkan dapat terlaksana dengan baik secara terkoordinasi, dan terpadu.

Dosmar mengatakan bahwa Apel siaga bencana karhutlah i bertujuan guna memastikan kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana kebakaran hutan dan lahan, sehingga setiap instansi dan stakeholder yang tergabung di dalam komando Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan, dapat mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini, seperti sarana dan prasarana serta sumber daya yang ada.

Pradigma dengan penyelenggaraan penanggulangan kebencanaan karhutlah dapat terlaksana dengan baik.

Bupati  menghimbau kepada aparatur yang bertugas di sekitar pinggiran Kawasan Danau Toba wilayah Kabupaten Humbang Hasundutan, agar selalu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungannya dengan tidak sembarangan melakukan pembakaran di daerah lereng perbukitan, pinggiran kawasan Danau Toba dan agar tetap selalu waspada.

Penyelenggaraan penanggulangan bencana merupakan perwujudan fungsi pemerintah dalam memberikan perlindungan terhadap masyarakat. Upaya perlindungan masyarakat hakekatnya adalah suatu kegiatan terpadu yang melibatkan semua stakeholder secara aktif.

“Kami berharap melalui Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana ini, dapat memberikan tambahan respon/kontribusi kita bersama, sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan Program-Program Pusat dan Daerah dalam rangka meningkatkan kualitas Penanganan Bencana khususnya kebakaran hutan dan lahan di kabupaten humbang hasundutan”kata Dosmar menambahkan.

Usai apel, Bupati Humbang Hasundutan bersama forkopimda melepaskan Tim Satuan Tugas Tanggap Bencana Alam Karhutlah. (edison ompusunggu)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.