Pemkab Kucurkan Rp 120 M Untuk Pembangunan Jalan

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

KARAWANG, (Tubas) – Pemerintah Kabupaten Karawang mengucurkan dana hingga mencapai Rp. 120 miliar untuk membiayai berbagai proyek pembangunan infrastruktur jalan tahun 2011. Hal ini guna meningkatkan akses terhadap sentra ekonomi dan pusat aktifitas masyarakat di tingkat desa dan kecamatan, demikian diungkapkan Bupati Karawang, H. Ade Swara saat meninjau pelaksanaan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur jalan di beberapa kecamatan, Selasa lalu.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menjelaskan, bahwa anggaran yang dialokasikan bagi pembangunan infrastuktur jalan pada tahun 2011 ini, direncanakan masih akan ditambah sekitar Rp. 8,4 miliar pada APBD Perubahan Tahun 2011. “Alokasi anggaran tersebut meliputi perbaikan, pemeliharaan, serta peningkatan kualitas jalan,” imbuhnya.

Dalam realisasinya, anggaran tersebut digunakan bagi peningkatan jalan sepanjang 134,7 km, meliputi pembangunan jalan beton (rigid) 50,3 km, jalan hotmiks 34,3 km, dan perkerasan (penyirtuan) 50,1 km.

Sedangkan pemeliharaan jalan akan direalisasikan sepanjang 8,5 km, meliputi pemeliharaan jalan beton 0,75 km, pemeliharaan jalan hotmiks 4,3 km, dan pemeliharaan perkerasan 3,5 km. “Dengan demikian, total infrastuktur jalan yang dikerjakan pada tahun anggaran 2011 mencapai 143,3 km,” jelasnya. Saat ini peningkatan maupun pemeliharaan jalan tersebut sudah mulai berjalan.

Di sisi lain, Bupati Ade Swara juga menyatakan bahwa untuk tahun 2012 mendatang, pembangunan bidang infrastruktur, khususnya jalan akan tetap menjadi salah satu prioritas pembangunan. Alokasi anggaran direncanakan meningkat hingga minimal Rp. 400 miliar, yang seluruhnya murni dari APBD. (agus safutra)

Berita Terkait

Komentar

Komentar