Pemprov Jabar Fasilitasi Perbaikan 34.950 Unit Rutilahu

Laporan: Redaksi

ilustrasi

ilustrasi

BANDUNG, (TubasMedia.Com) – Sejak tahun 2008 hingga tahun 2013 Pemerintahan Provinsi (Prov) Jawa Barat (Jabar) telah memfasilitasi perbaikan 34.950 unit Rutilahu dari Kementerian Perumahan Ralyat (Kemenpera). Sedangkan sebanyak 9.040 unit langsung dibantu oleh Prov. Jabar. Dalam lima tahun ke depan, Prov. Jabar menargetkan akan membantu Rutilahu sebanyak 100.000 unit.

Khusus tahun 2013 ini Pemerintah Prov. Jabar menargetkan sasaran sebanyak 7.500 Rutilahu. Namun demikian, mengingat terbatasnya APBD Prov. Jabar, untuk setiap rumah dialokasikan dana bantuan hibah yang bersifat stimulan sebesar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta, sehingga dibutuhkan adanya semangat gotong royong dan swadaya dari semua pihak terutama warga masyarakat setempat, baik untuk menutupi kekurangan bahan material bangunan mau pun tenaga kerja.

Selain itu, mengingat jumlah Rutilahu di Jabar yang sangat banyak yaitu diperkirakan mencapai 800 ribu unit, maka dana pendampingan dari APBD Kabupaten/Kota juga sangat diharapkan, disamping turut mengupayakan pengajuan anggaran kepada pemerintah dalam hal ini program bantuan stimulan rumah swadaya dari Kemenpera.

Di Jabar sudah ada lembaga sosial yang menghimpun dana amal untuk membuat lahan sawah abadi, rumah yatim dan panti asuhan. Gubernur Prov. Jabar Ahmad Heryawan berharap kedepan dapat bermunculan inisiatif lainnya dari masyarakat untuk membantu perbaikan hunian warga miskin yang tidak layak huni secara bertahap dan berkesinambungan.

Untuk itu, pemerintah Prov. Jabar menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Yayasan Saung Kadeudeuh, telah membantu perbaikan kawasan permukimam berupa MCK, serta memberikan bantuan permodalan untuk masyarakat dan buku untuk madrasah. Kepada enam Kabupaten/Kota yang berprestasi dalam lomba Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) III Tingkat Prov.

Jabar tahun 2013 juga patut disyukuri telah berpartisipasi dalam kegiatan TTG tingkat nasional ke-XV di Kota Padang Sumatera Barat, sehingga Prov. Jabar berhasil meraih juara III gelar TTG tingkat nasional, juara II perlombaan inovasi alat unggulan TTG: Juara harapan I perlombaan Posyantek tingkat nasional; serta Kabupaten Sukabumi yang menerima bantuan pembangkit listrik tenaga surya. (binus)

Topik :

Berita Terkait

Komentar

Komentar