Site icon TubasMedia.com

Pemudik Lebaran Harap Hati-hati

Laporan : Redaksi

Ketua Komisi D, DPRD Jawa Tengah, Drs. Rukma Setya Budi, MM.

SEMARANG, (Tubas) – Hari Raya Lebaran segera tiba. Para pemudik diharapkan berhati-hati karena sampai saat ini di jalur Pantura Jawa Tengah masih ada tujuh titik rawan. Titik rawan itu Ciregol, Brebes dan dua jembatan di Kabupaten Brebes yang diperkirakan belum selesai dikerjakan pada hari H-10.

Ketua Komisi D, DPRD Jawa Tengah, Drs. Rukma Setya Budi, MM, baru-baru ini kepada tubasmedia.com, di ruang kerjanya, menambahkan Komisi D minggu ini (23 dan 24 Agustus 2011) akan melakukan peninjauan lapangan dan memantau kesiapan Pemprov Jawa Tengah menyambut kedatangan para pemudik lebaran.

Menurut rencana peninjauan lapangan itu pada hari pertama akan dimulai dari stasiun Poncol, stasiun Tawang, pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan bandara Ahmad Yani Semarang. Dilanjutkan dengan menyusuri jalan-jalan di Pantura yang diakhiri di Kabupaten Brebes. Pada hari kedua dilanjutkan menyusuri jalan-jalan sepanjang Pantai Selatan, mulai Kabupaten Cilacap, Kebumen dan berakhir di kota Surakarta.

Rukma meminta Pemprov Jawa Tengah menjelang lebaran H-10 atau H-7, truk-truk besar dilarang melintas kecuali truk yang bermuatan sembako. Mendukung bila Pemprov Jawa Tengah akan membuka jalan tol Semarang – Ungaran menjelang, selama, dan sesudah lebaran. Hal itu akan mengurangi kemacetan jalan di Banyumanik.

Namun perlu diketahui jalan di Kabupaten Ungaran tembusan dari jalan ke luar tol lebarnya tidak sepadan dengan lebar interchange tol, maka masyarakat perlu berhati-hati, Dishub dan Kepolisian Kabupaten Semarang turut serta mengamankan kelancaran arus lalu lintas di jalur itu. (yon)

Exit mobile version