Penanaman Hutan Mangrove di Pesisir Pekalongan

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

PEKALONGAN, (TubasMedia.Com) – Dalam rangka pelaksanaan penanaman tumbuhan bakau (mangrove) di daerah pesisir Kota Pekalongan yang dilakukan Indonesia Ekologi Expo Kota Pekalongan tanggal 30 September lalu di pusat informasi mangrove Kota Pekalongan, dihadiri sebanyak 300 orang peserta. Terdiri dari unsur DPR RI, yaitu Akam Najah, Sekretaris Dirjen KP3K Kementrian Kelautan Perikanan, Kementrian Kehutanan Propinsi Jawa Tengah, dan Dinas Kelautan Provinsi Jawa Tengah.

Hadir juga jajaran Rektorat IPB dan seluruh mahasiswa, Balai Besar Mangrove Wilayah Bali, Para Mahasiswa, dan Ketua Keluarga Beser PII. Hadir juga Sutrisno Bahir, DPRD Kota Pekalongn, Muspida Kota Pekalongan, Camat serta Lurah se-Kecamatan Utara di Pekalongan, PKK, Darma Wanita, Kepala Sekolan SMA / MA Negeri / Swasta serta para Pelajar Perguruan Tinggi se Kota Pekalongan serta Lembaga Sosial Masyarakat Kota Pekalongan.

Ketua Panitia dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan tersebut untuk meningkatkan peran serta masyarakat, mahasiswa, pelajar Kota Pekalongan untuk ikut merehabilitasi mengonservasi lahan mangrove di wilayah sekitarnya, serta meningkatkan pemahaman akan pentingnya pelestarian lingkungan, terutama hutan mangrove. Hal ini juga merupakan tindakan nyata semua elemen masyarakat dalam pengolaan pesisir guna terwujudnya lingkungan yang berkualitas serta meningkatkan penghijauan wilayah kota Pekalongan mau pun wilayah pesisir, untuk mengurangi dampak pemanasan global dan menjaga lingkungan agar tetap hijau dan lestari.

Selain itu, dilakukan juga kegiatan seminar nasional dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Pesisir mewujudkan masyarakat berkualitas” yang diselenggarakan di Gedung Universitas Pekalongan. Tujuan diadakannya kegiatan tersebut untuk meningkatkan peran serta masyarakat, mahasiswa, dan pelajar Kota Pekalongan untuk ikut merehabilitasi mengonservasi lahan mangrove di wilayahnya, serta untuk meningkatkan pemahaman akan pentingnya pelestarian lingkungan, terutama hutan mangrove. (ojan)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published.