Pendidikan Merupakan Hak Asasi Manusia

pendidikan

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Para menteri pendidikan di sejumlah negara sepakat ada lima hal yang harus dipenuhi menyangkut dunia pendidikan. Kesepakatan itu dicapai bersamaan dengan kehadiran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan saat berlangsungnya Forum Pendidikan Dunia di Korea Selatan.

Hal yang pertama menurut Kepala Pusat Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam di Sampoerna University, Jumat(29/5/15), pendidikan merupakan hak asasi manusia yang harus dipenuhi. Kedua, mengenai kesetaraan tuk bisa mendapat pendidikan.

Kemudian hal ketiga adalah pendidikan bagi mereka yang berkebutuhan khusus harus menjadi perhatian, sebab dalam pendidikan tidak boleh ada diskriminasi. Keempat, mengenai mutu pendidikan. Pendidikan tidak hanya memenuhi kompetensi, tapi juga menjadi pembangunan berkelanjutan. Kelima, bahwa pendidikan adalah sebagai kebutuhan untuk belajar sepanjang hayat.

Bagaimana merealisasikan kelima hal tersebut ? Menurut Nizam, harus diperluas akses belajar, terutama dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) yang merupakan masa penting membentuk karakter.

Solusinya untuk meningkatkan mutu pendidikan selain kreativitas serta pengembangan pengetahuan yang lebih dalam, nilai-nilai juga harus dikembangkan. “Jadi, tidak hanya mengenai pengetahuan, tapi siswa juga harus memiliki budi luhur dan akhlak yang mulia,” tandasnya. (marto tobing)

Berita Terkait

Komentar

Komentar