Peneliti Unsoed Masuk Inovator Terbaik Indonesia

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

PURWOKERTO, (TubasMedia.Com) – Lima peneliti Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, masuk daftar 104 inovator terbaik Indonesia 2012. Kelima peneliti tersebut Prof. Ir. Loekas Susanto, MS, Ph.D, Dr. Rifda Naufalin, Dr.Ir. Hery Winarsi, Prof.Ir. Totok Agung Dwi Haryanto, MP, Ph.D, dan Prof.Dr.Ir. Suwarto, MS.

Menurut keterangan Humas Unsoed yang diterima TubasMedia.Com, Selasa pekan lalu, buku yang digagas oleh BIC (Business Innovation Center) Indonesia bentukan Kementerian Riset dan Teknologi ini menyeleksi lebih dari 270 proposal dari sebelas sektor teknologi. Terpilihlah 104 Inovator Terbaik Indonesia 2012 yang akan dilaunching tanggal 30 Agustus oleh Kemenristek dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Gedung Merdeka, Jalan Asia-Afrika, Bandung.

Prof.Ir Loekas Susanto, MS.,Ph.D masuk sebagai salah satu inovator atas karyanya Bio P- 60. Pengendali penyakit tanaman yang ramah lingkungan ini memberikan harapan baru dalam dunia pertanian khususnya pengurangan penggunaan pestisida. Karya Dr. Rifda Naufalin menjadi salah satu inovasi Indonesia 2012 adalah pengawet makanan alami berbahan dasar tanaman kecombrang.

Susu kecambah kedelai yang tersusun atas tepung kecambah kedelai kaya protein dan isoflavon kedelai, mineral Zn, vitamin E, dan fruktosa berhasil mengantarkan Dr.Ir. Hery Winarsi, MS menjadi salah satu inovator terbaik 2012. Susu kecambah kedelai yang gurih dan manis ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol total, LDL, dan Trigliserid dan berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Prof.Ir Totok Agung Dwi Haryanto, MP.,Ph.D dan Prof.Dr.Ir Suwarto masuk dalam daftar 104 inovator terbaik 2012 atas karyanya Padi Gogo Aromatik INPAGO-UNSOED-1 yang sudah mendapat SK Menpan sebagai varietas unggul baru atas nama Prof.Dr.Ir Suwarto dan Prof.Ir Totok Agung DH.,Ph.D, serta JSPGA-136 yang sudah mendapat HAKI atas nama Prof. Ir. Totok Agung DH.,Ph.D dan Prof.Dr.Ir. Suwarto. (joko)

Berita Terkait

Komentar

Komentar