Penerapan Aplikasi E-Office Dapat Tekan Anggaran

Laporan: Redaksi

Sosialisasi penerapan e-office di Pemkab Purbalingga, Selasa (16/9). (tubasmedia.com/joko)

PURBALINGGA, (tubasmedia.com) – Penerapan e-office dalam kegiatan pemerintahan dapat menekan anggaran. Dengan menggunakan aplikasi e-office dapat menghemat pemakaian kertas, mengurangi biaya penyimpanan arsip dan tidak membutuhkan gudang yang besar. Dengan pertimbangan tersebut Pemkab Purbalingga berkomitmen untuk menerapkan aplikasi e-office dalam kegiatan surat menyurat mulai tahun depan.

“Kecepatan, keakuratan dan kemudahan penggunaan e-office dapat meningkatkan kinerja Pemkab dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Bupati Purbalingga Sukento Ridho Marhaendrianto, Selasa (16/9).

Menurut Account Manager Bisnis PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Wilayah Jateng Selatan, Subiarto pemakaian e-office sangat mudah karena bisa diakses lewat perangkat android dan Ipad. Aplikasi surat keluar dan surat masuk bisa langsung dilihat oleh masing-masing pengguna.

User tinggal buka portal di www.purbalingga.eoffice.id kemudian ketik nama pengguna dan passwordnya bisa langsung diakses di mana pun,” ujar Subiarto.

Lebih lanjut Subiarto menyatakan bahwa pihaknya menyediakan tenaga pelatih untuk membantu Pemkab secara gratis. Dengan program yang ditawarkan, nantinya pihak pemkab sudah tidak perlu lagi menganggarkan biaya perawatan, pembelian server dan pembuatan aplikasinya.

Aplikasi yang disediakan PT Telkom berupa aplikasi pelayanan terpadu satu pintu (e-PTSP) yang bisa digunakan oleh instansi perijinan dan penerapan e-kelurahan yang digunakan untuk membantu proses pembuatan surat pelayanan di desa. Seperti surat pengantar, surat rujukan dan pelaporan kegiatan desa dan kelurahan. (joko suharyanto)

Berita Terkait

Komentar

Komentar