Pengembangan Industri Elektronika Diprioritaskan

Laporan : Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Industri elektronika dan telematika merupakan salah satu industri yang paling dinamis dalam dekade terakhir ini. Bahkan kemajuan telematika telah mengubah banyak aspek dalam melaksanakan pekerjaan.

Demikian Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT), Kementerian Perindustrian Budi Darmadi mengatakan hal itu saat membacakan sambutan Menperin MS Hidayat pada pembukaan pameran produk industri elektronika dan telematika di Jakarta, Selasa lalu.

Peralatan komputer dan komunikasi telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiataan sehari-hari mulai dari kegiatan rumah tangga hingga aktifitas kenegaraan. Untuk itu, bagi negara-negara berkembang seperti indonesia disebut bahwa industri yang sangat cepat perubahannya itu merupakan peluang yang sangat menjanjikan untuk mengejar ketinggalanya dari negara-negara maju.

Kepada pers Budi menyebut industri elektronik di dalam negeri dipastikan tidak mengalami masalah pasokan komponen yang signifikan akibat bencana gempa dan tsunami di Jepang. Produsen elektronik yang menggunakan komponen dari Jepang memastikan telah mendapatkan sumber pasokan baru dari negara lain.

“Saya kira sistem produksi global tidak sesederhana itu, secara global kita tukaran komponen. Jadi pasti bisa dibuat di negara atau tempat lain di Jepang,” katanya.

Disebutkan, industri elektronika dan komponennya merupakan salah satu industri yang diprioritaskan pengembangannya sebagaimana tertuang dalam kebijakan pengembangan industri nasional. (sabar)

Berita Terkait

Komentar

Komentar