Pengemis di Jakarta “Dipulangkampungkan”

pengemis

JAKARTA, (tubasmedia.com) – Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang dipredikatkan sebagai pengemis itu oleh Dinas Sosial (Dinsos) DKI Jakarta, “dipulangkampungkan”.

Pemulangan itu dilakukan dari Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2 di Cipayung, Jakarta Timur tempat para pengemis itu selama ini dibina.

“Hari ini kami ‘pulangkampungkan’ 163 PMKS ke daerah asal masing-masing. Ada yang ke Jateng (Jawa Tengah) ke Panti Margowidodo Semarang 75 orang dan ke Panti Sosial Bina Mandiri, Palimanan, Jawa Barat sebanyak 88 orang, ” kata Kepala Dinsos DKI Jakarta Masrokhan di PSBI 2, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (24/6/15).

Menurut Masrokhan, pemulangan itu sudah biasa dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. “Sebelum dipulangkan, para PMKS ini tentunya kami bekali keterampilan,” katanya.

Para PMKS itu ditampung di Cipayung sejak Januari hingga Juni 2015. Jumlah keseluruhan PMKS yang ditampung di PSBI 2 mencapai 4.979 orang. “Menjelang Lebaran atau H-10 serta H+12 akan kami pulangkan lagi untuk mengurangi beban mobilisasi PMKS yang ada di Jakarta,” tandasnya. (marto tobing)

Berita Terkait