Penggunaan HP Ganggu KBM

Laporan: Redaksi

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, (Tubas) – Maraknya penggunaan handphone (HP) di kalangan pelajar belakangan ini tidak hanya membuat cemas guru dan kepala sekolah tetapi juga menakutkan bagi orang tua siswa Sekolah Dasar (SD). Sejauh ini orang tua belum menyadari dan memperhatikan saat anak-anak mereka menggunakan HP.

“Kita harus melihat, memperhatikan serta mengamati anak-anak saat menggunakan HP, karena tidak jarang para siswa menggunakan HP saat aktivitas kegiatan belajar mengajar (KBM) berlangsung, sehingga guru kelas harus berkali-kali menegur,” ungkap Kepala Sekolah SDN Cipinang Melayu 02 Pagi Jakarta Timur, Kosim M.Pd saat sosialisasi dampak negatif HP di kalangan pelajar SD, baru- baru ini.

Kosim menjelaskan kebanyakan siswa menggunakan HP saat KBM berlangsung untuk SMS, membuat foto dan video, bermain game dan chatting. Buku pelajaran saat KBM digunakan menutupi aktivitas mereka menggunakan HP. Pihak sekolah jauh-jauh hari sudah mengimbau para siswa tidak menggunakan HP di sekolah.

Namun imbauan itu sempat mengalami kendala dari para orang tua siswa karena para orang tua siswa beralasan sulit menghubungi dan memantau keberadaan anaknya. “Imbauan tersebut sempat ditentang sejumlah orang tua murid dengan beragam alasan, namun pihak sekolah menjelaskan demi kebaikan bersama,” katanya.

Bagi orang tua siswa HP sebagai sarana memonitor keberadaan anak namun siswa sering menyalahgunakannya dengan ber-SMS, telepon, main game, berfoto, dan membuat video saat KBM berlangsung. Aktivitas itu menjadi perhatian serius bagi guru mau pun orang tua. (saripudin)

Berita Terkait

Komentar

Komentar